Cara Instal Printer Epson L120 Pada Komputer / Laptop

Tutorial disini akan membantu anda melakukan instal printer epson L120 lengkap dengan pemasangan driver pada perangkat komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows. Pastikan anda membaca artikel ini sampai selesai agar tidak gagal faham nantinya.

Printer Epson L120 merupakan salahsatu printer dengan kualitas cetak yang bagus dan harga yang cukup murah. Printer ini banyak digunakan oleh pengguna rumahan untuk keperluan cetak dokumen.

Selain murah harganya, printer epson juga mudah digunakan dan terkenal bandel, awet serta memiliki masa pakai yang cukup lama, tentunya dengan penggunaan yang benar serta prosedur perawatan rutin yang dilakukan.

Tak heran jika printer Epson L120 banyak dipilih oleh kalangan pelajar dan mahasiswa untuk keperluan cetak dan scan tugas sekolah. Daripada rental setiap hari kan lebih baik beli sendiri, lagi pula printer ini juga harganya cukup murah dengan fitur melimpah.

Ketika kita beli printer epson baru, biasanya dalam paket pembelian telah tersedia satu perangkat mesin printer, CD Driver, kabel data USB, Kabel power, kartu garansi, buku panduan dan 4 botol tinta yang berwarna hitam, biru, kuning dan merah.

Instal Printer Epson L120 Baru

Pasang Printer Epson L120 Baru

Bagi anda yang sudah sering memasang printer baru, pastinya tak menemukan kesulitan untuk melakukannya. Berbeda jika anda adalah pengguna awam, yang pastinya membutuhkan panduan untuk memasang printer untuk pertama kali.

Panduan pemasangan printer baru, biasanya sudah disediakan dalam buku panduan yang disertakan dalam paket pembelian. Namun jika ternyata dengan membaca buku tersebut anda belum faham dan butuh informasi tambahan, disini admin akan beritahu langkah-langkah yang diperlukan.

Setelah kardus dibuka dan isinya sudah anda keluarkan semua, saatnya untuk melakukan pemasangan printer agar perangkat bisa digunakan untuk mencetak dokumen nantinya.

Pasang Printer L120 pertama kali

Untuk memasang printer epson L120 baru atau pertama kali silahkan ikuti beberapa petunjuk berikut ini:

  • Buka dan lepaskan isolasi yang mengikat beberapa area pada printer
  • Buka botol tinta dan masukkan tintanya sesuai warna pada tanki tinta yang tersedia. Jadi warna hitam masukkan pada tanki untuk tinta hitam dan begitu juga yang lainnya
  • Setelah semua tank tinta terisi dengan benar, saatnya menghubungkan kabel power ke colokan listrik agar printer bisa berfungsi

Menghidupkan printer l120

  • Nyalakan printer dengan menekan tombol power sampai lampu indikator menyala
  • Tunggu sampai lampu indikator berhenti berkedip
  • Lanjutkan dengan melakukan pengisian tinta catridge dengan cara menekan tombol bertanda panah kebawah selama minimal 3 detik lalu lepaskan
  • Dibutuhkan waktu setidaknya 20 menit agar catidge terisi penuh dengan ditandai lampu indikator berhenti berkedip dan printer berhenti bersuara

Setelah melakukan semua hal diatas, maka anda sudah melakukan persiapan tahap pertama untuk memasang printer epson L120 untuk pertama kalinya. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan instal driver agar printer bisa dikenali oleh perangkat komputer atau laptop.

Cara Instal Driver Printer Epson L120

Jika anda membeli printer baru dari toko, pastinya telah tersedia CD driver dalam paket pembelian. CD tersebut biasanya berisi driver printer dan software pendukung yang dibutuhkan untuk kinerja perangkat.

Namun jika ternyata PC atau laptop anda tidak memiliki perangkat CD room untuk membaca data pada kepingan CD. Pihak perusahaan juga telah menyediakan file driver yang bisa anda download secara gratis pada situs resminya.

Fungsi driver untuk printer adalah agar perangkat komputer bisa mengenali printer yang anda hubungkan melalui kabel data USB yang tersedia sehingga printer bisa merespon perintah dari komputer tanpa mengalami masalah.

Baca juga: Cara Instal Diver Epson L3110 Lengkap

Download Driver Printer Epson L120

Bagi anda yang laptopnya tak memiliki CD room untuk membaca CD driver atau mungkin CD driver hilang atau rusak, maka ada opsi lain untuk bisa mendapatkan driver printer L120 agar bisa di instal di laptop anda.

Pihak perusahaan telah menyediakan file yang bisa anda download gratis pada website atau situs resminya. File tersebut memiliki isi yang sama dengan yang berada pada CD yang disertakan dalam paket pembelian.

Untuk mendapatkan driver printer Epson L120 anda bisa download disini.

  • Anda akan dibawa ke situs resmi Epson, kemudian klik tab unduh
  • Tentukan sistem operasi windows yang sesuai dengan komputer yang anda gunakan.
  • Selanjutnya klik tanda (+) pada Driver dan dilanjutkan dengan klik tombol Unduh di sebelah kanan.

Download driver epson l120

File driver yang anda perlukan akan diunduh secara otomatis ke PC anda. Setelah itu lanjutkan dengan instal driver agar printer bisa berfungsi dengan baik.

Instal driver Printer L120

Berikut ini cara instal driver printer Epson L120

  • Hubungkan kabel USB ke komputer atau laptop
  • Nyalakan printer dengan menekan tombol power
  • Masukkan CD driver ke CD room PC anda atau download drivernya pada link yag sudah saya sediakan diatas
  • Kemudian instal driver dengan klik dua kali pada file drivernya
  • Ikuti petunjuk instalasi yang disediakan, biasanya anda cukup klik tombol Next -Next sampai finish
  • Tunggu beberapa saat hingga PC anda berhasil mengenali printer anda
  • Selesai

Jika anda telah menyelasikan proses instal driver dengan benar, anda bisa menemukan icon printer yang ready atau online yang terletak di pojok kanan bawah yang berarti printer siap digunakan untuk mencetak dokumen.

Namun apabila perangkat komputer belum berhasil mengenali printer, silahkan restart PC anda. Ketika komputer sudah hidup kembali, biasanya akan otomatis mengenali semua hardware yang terhubung termasuk printer.

Setting printer sebagai default

Setelah berhasil instal driver dan printer sudah dikenali dengan baik oleh komputer, maka satu pekerjaan yang perlu anda lakukan selanjutnya yakni setting printer Epson L120 sebagai default atau set as default printer.

Hal itu perlu dilakukan agar semua program yang membutuhkan pencetakan dokumen akan diarahkan secara otomatis ke printer Epson L120 yang sudah selesai anda instal. Yang artinya anda menjadikan printer L120 sebagai printer utama untuk PC anda.

Setas default printer l120

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Klik tombol start di pojok kanan bawah PC anda
  • Pilih menu Device and Printers
  • Klik kanan pada Epson L120
  • Pilih Set as default printer
  • Selesai

Demikianlah sahabat sekalian, langkah demi langkah untuk instal printer epson L120 yang telah saya jelaskan dengan detail hingga langkah terakhir yang pastinya sangat mudah untuk dilakukan.

Semoga setelah membaca artikel ini anda bisa memasang printer L120 sendiri dirumah tanpa perlu bantuan teknisi atau orang lain untuk melakukannya.

Tinggalkan komentar