Cara Cleaning Printer Epson L3110 Paling Mudah dan Cepat

Diposting pada

Pada artikel kali ini, admin akan share pengalaman sekaligus tutorial melakukan cleaning printer Epson L3110 yang bisa anda ikuti langkah-langkahnya untuk menghasilkan hasil cetak yang lebih baik.

Printer merupakan perangkat pendukung komputer untukĀ  memudahkan pekerjaan harian yang kita lakukan. Perangkat ini didesain untuk mampu mencetak hasil kerja seperti lembar kerja Microsoft Word, excel, gambar, dokumen PDF dan lainnya.

Untuk mendapatkan hasil cetak yang bagus, tentunya perangkat printer haruslah dalam keadaan yang baik dan bersih dari berbagai masalah. Akan tetapi adakalanya printer yang kita gunakan mengalami gangguan seperti hasil cetakan yang tidak sempurna, putus-putus atau bahkan tinta tidak keluar sama sekali.

Masalah tersebut merupakan suatu hal yang wajar terjadi pada printer merek apapun termasuk jenis printer Epson L3110 yang akan kita bahas pada kesempatan hari ini.

Untuk mengatasi masalah tersebut, disini kami akan sajikan cara melakukan cleaning pada printer Epson L3110 dengan prosedur yang benar dan aman dilakukan. Jadi baca artikel ini sampai selesai agar anda bisa mendapatkan poin-poin penting untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara cleaning printer epson L3110

Tujuan Melakukan Cleaning Printer

Jika hasil cetakan dari printer epson L3110 anda terlihat putus-putus atau adanya tinta yang bocor pada kertas maka cara paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan melakukan cleaning pada head catridge.

Cleaning pada head catridge berfungsi untuk membuang atau membersihkan tinta yang mengendap pada bagian bawah catridge. Hal itu memungkinkan untuk tinta kembali mengalir lancar ketika digunakan untuk mencetak dokumen.

Cara ini juga memiliki tujuan untuk menghilangkan sumbatan pada nozzle sehingga tinta akan mengalir lancar ke head catridge sehingga hasil cetak tidak putus-putus dan tinta tidak meluber pada kertas hasil cetak.

Selain itu, dengan rutin melakukan head cleaning akan memperpanjang masa pakai printer epson L3110 yang anda miliki dan tentunya akan menghemat biaya pemeliharaan.

Cara Cleaning printer Epson L3110

Epson merupakan sebuah brand printer yang cukup terkenal dan produknya banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya, produk ini banyak kita jumpai di kantor-kantor perusahaan, tempat percetakan dan untuk pengguna rumahan.

Printer Epson banyak dipilih karena memiliki ketahanan yang tangguh dan memiliki masa pakai yang lama dengan prosedur perawatan yang benar.

Selain itu Printer ini juga mudah dalam melakukan perawatan atau pemeliharaan, bahkan proses maintenance bisa kita lakukan sendiri dirumah tanpa perlu pergi ke sevice center atau ke tempat service komputer.

Ketika kita telah selesai instal driver printer epson dan printer telah terhubung dengan PC atau laptop dengan benar, maka sistem perawatan akan otomatis terintegrasi didalam menu printing preference yang bisa kita akses dengan mudah untuk melakukan pemeliharaan.

Untuk lebih jelasnya berikut ini telah saya sediakan cara cleaning printer epson L3110 lengkap dengan gambar yang akan memudahkan anda untuk memahami langkah demi langkah pemeliharaan printer.

Langkah-langkah melakukan head cleaning

  • Pertama-tama silahkan klik start menu ==> Device and Printer
  • Klik kanan pada printer epson L3110 dan pilih Printing Preference

Printing preference

  • Akan muncul jendela baru silahkan pilih tab Pemeliharaan / Maintenance
  • Selanjutnya pilih Head cleaning / Pembersihan head

Maintenance tools for epson l3110

  • Akan muncuk dialog box apakah anda hendak melakukan cleaning atau Power Cleaning, silahkan pilih saja Cleaning
  • Klik tombol Start untuk mulai melakukan head cleaning

Head cleaning process

  • Tunggu sampai sistem menyelesaikan pembersihan secara otomatis
  • Selesai

Ketika sistem sedang melakukan cleaning pada head, anda tidak boleh menggunakan printer untuk keperluan lain. Yang perlu anda lakukan adalah menunggu hingga proses cleaning selesai dan setelah itu anda bisa menggunakan printer untuk mencetak dokumen lagi.

Setelah proses cleaning selesai dilakukan, coba lakukan test dengan mencetak dokumen yang anda miliki atau anda bisa memilih test print untuk melihat hasil cetak yang dihasilkan apakah sudah sesuai harapan.

Jika ternyata hasilnya belum memuaskan, lakukan proses cleaning lagi hingga printer bisa menghasilkan cetakan yang sesuai dengan harapan anda. Anda bisa kombinasikan dengan melakukan pemeriksaan nozzle dan penyelarasan print head untuk hasil yang optimal.

Anda juga bisa memilih opsi power cleaning apabila sudah melakukan head cleaning berkali-kali namun belum mendapatkan hasil yang optimal> Untuk melakukannya anda cukup pilih opsi power cleaning pada dialog box yang muncul kemudian klik start.

Baiklah sahabat sekalian, demikian tadi tutorial tentang cara melakukan cleaning printer epson L3110 yang bisa anda lakukan pada Windows 10 atau versi windows lainnya yang langkah-langkahnya juga hampir sama.

Semoga dengan membaca artikel ini anda bisa melakukan pemeliharaan sendiri pada printer epson yang anda miliki, karena sebenarnya melakukan cleaning pada printer epson adalah sangat mudah untuk dilakukan.

Gambar Gravatar
Founder Arzeka.com Memiliki Hobi Menulis di Blog, Menyukai Semua Tentang Teknologi Informasi dan Dunia Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *