Cara Menghapus Akun TikTok Permanen Terbaru Lewat Aplikasi

Diposting pada

Jika teman-teman sedang mencari cara mudah untuk menghapus akun atau ID TikTok secara permanen dan aman dilakukan, maka anda sedang berada di tempat yang tepat karena disini admin akan share panduan tersebut lengkap dengan gambar.

TikTok merupakan sebuah platform media sosial berbasis video pendek dari negeri China yang memberikan beragam fitur menarik dan banyak disukai oleh kalangan muda di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Meskipun merupakan platform baru, namun aplikasi TikTok telah booming dan banyak didownload oleh pengguna smartphone. Saat ini aplikasi Tiktok telah digunakan setidaknya oleh 2 miliar pengguna diseluruh dunia.

Selain karena fitur yang disediakan TikTok banyak diminati juga tak lepas dari kemudahan untuk membuat akun untuk bisa menggunakan aplikasi. Pengguna hanya cukup menggunakan akun Facebook, Instagram, Google, Line untuk bisa menikmati semua fitur yang disediakan.

Anda juga bisa dengan mudah menjadi bagian dari aplikasi TikTok dengan mengunduhnya secara gratis di Google Playstore bagi pengguna Android, anda bisa menginstalnya seperti melakukan pemasangan pada aplikasi serupa.

Disaat banyak orang yang lagi senang-senangnya dengan TikTok, tetap ada saja yang ingin menghapus aplikasi ini dari ponsel mereka karena berbagai alasan sehingga tidak ingin menggunakan TikTok di perangkat android.

Cara menghapus akun tiktok selamanya

Ada yang beranggapan aplikasi tiktok kurang bermanfaat, kurang produktif sampai masalah keamanan yang menyebutkan adanya isu pengiriman data pengguna aplikasi ke China.

Untuk itu disini admin akan berbagi tutorial lengkap cara hapus akun TikTok secara permanen dengan mudah dan bisa anda ikuti langkah-langkahnya pada artikel ini.

Yang Terjadi Jika Akun TikTok Ditutup

Sebelum melakukan penghapusan akun TikTok di ponsel, ada baiknya anda mengetahui beberapa hal yang akan terjadi jika anda tetap melakukan penghapusan akun.

Ketika anda melakukan penghapusan akun, maka aplikasi akan otomatis menonaktifkan akun anda dan tidak akan bisa dilihat lagi oleh akun lain baik yang terhubung langsung maupun tidak langsung dengan akun yang dihapus.

Penonaktifan akun akan berlaku selama 30 hari sejak proses penghapusan di konfirmasi, dan selama masa 30 hari jika anda tidak login lagi pada aplikasi dengan akun yang sama, maka akun TikTok akan dihapus permanen dan tak bisa dikembalikan.

Namun jika anda berubah fikiran sebelum 30 hari berlalu, anda masih bisa mengembailkan akun TikTok tersebut dengan login menggunakan akun yang dinonaktifkan.

Akan tetapi jika anda sudah yakin dengan pilihan menghapus akun TikTok permanen, maka jangan pernah login lagi menggunakan akun tersebut selama masa tunggu penghapusan 30 hari.

Jika sudah lewat 30 hari maka penutupan akun tidak bisa dibatalkan lagi dan sistem akan menghapus permanen semua informasi di akun anda selamanya.

Informasi yang hilang jika ID TikTok di hapus

  • Tidak bisa mendaftar akun TikTok lagi dengan Email dan Nomor ponsel yang sudah dihapus
  • Video yang pernah anda bagikan akan lenyap
  • Anda kan kehilangan jumlah penggemar dan like video
  • Pembelian dalam aplikasi akan hilang semua
  • Tidak ada pengembailan dana pada pembelian dalam aplikasi yang sudah dilakukan
  • Semua informasi yang tersimpan pada akun tidak bisa diakses lagi

Namun begitu semua informasi chatting yang pernah anda lakukan akan tetap terlihat oleh penerima pesan yang bersangkutan.

Jadi pastikan anda telah memahami resiko yang akan terjadi jika anda tetap ingin menutup akun TikTok selamanya seperti yang telah saya sebutkan diatas.

Cara Menghapus Akun TikTok Permanen

Setelah mengetahui semua konsekwensi yang akan terjadi pada akun TikTok yang dihapus dan anda tetap pada pendirian ingin menghapus akun selamanya, maka itu adalah hak anda dan aplikasi juga memberikan opsi tersebut.

Untuk melakukan penghapusan akun TikTok selamanya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi TikTok di ponsel anda dan kunjungi tab Profile di pojok kanan bawah
  • Selanjutnya pilih tanda titik 3 di pojok kanan atas
  • Pilih Manage My account

tutup akun tiktok

  • Di bagian bawah layar anda akan melihat opsi penghapusan akun silahkan pilih Delete Account
  • Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman konfirmasi penghapusan, pilih tombol Send Code
  • Anda akan menerima kode konfirmasi penghapusan lewat SMS jika anda mendaftar menggunakan nomor ponsel, dan kode akan dikirim ke Email jika anda menggunakan email ketika mendaftar dulu.
  • Masukkan kode yang anda terima kemudian pilih Continue

hapus akun tiktok permanen

  • Anda akan melihat halaman yang menyajikan informasi apa saja yang terjadi jika akun dihapus.
  • Pilih tombol Delete Account jika anda sudah yakin

Setelah anda menekan tombol hapus akun, maka sistem akan menonaktifkan akun TikTok anda selama 30 hari ke depan. Jika dalam 30 hari tersebut anda tidak login lagi, maka akun akan dihapus permanen dari server.

Untuk membatalkan penutupan akun, cukup lakukan login menggunakan informasi akun yang dihapus sebelum masa 30 hari berlalu seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Bagi anda yang ingin menghapus akun Facebook permanen, anda juga bisa membaca panduan lengkapnya pada artikel yang sudah kami share terdahulu. Klik link tersebut untuk mendapatkan langkah mudah yang bisa anda ikuti.

Kesimpulan

Selain mudah untuk daftar akun, ternyata TikTok juga menyediakan opsi untuk menghapus akun secara permanen yang bisa anda lakukan dengan mudah pula.

Tutorial tersebut berlaku untuk anda yang ingin menutup akun TikTok di perangkat android dan IOS dengan cara yang tak jauh berbeda.

Bahkan aplikasi memberikan waktu tunggu selama satu bulan sebelum semua data dihapus selamanya dari server yang berarti data tersebut tidak mungkin untuk dipulihkan kembali.

Jadi pastikan anda sudah memperhitungkan semua untung rugi yang akan anda tanggung sebelum menghapus akun TikTok secara permanen.

Setelah membaca artikel ini, pastinya anda sudah mengetahui cara yang harus dilakukan untuk menghapus akun TikTok selamanya dan juga memahami akan konsekwensi dari penghapusan akun tersebut.

Semoga artikel yang kami tulis disini bisa membarikan informasi yang jelas dan bermanfaat bagi anda yang membuthkan, Jika mengalami kesulitan jangan sungkan untuk meninggalkan komentar pada kotak yang sudah tersedia.

Gambar Gravatar
Founder Arzeka.com Memiliki Hobi Menulis di Blog, Menyukai Semua Tentang Teknologi Informasi dan Dunia Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *