Cara Mengatasi TV Parabola Hilang Sinyal Panduan Lengkap

Diposting pada

Didalam artikel ini admin akan membahas secara panjang lebar tentang penyebab dan cara mengatasi TV parabola hilang sinyal yang bisa anda ikuti langkah mudahnya step by step. Jadi bagi ada pengguna TV parabola, pastikan untuk membaca artikel ini sampai selesai agar mendapatkan solusi terbaik dari masalah yang sedang anda alami.

Antena parabola saat ini sudah bukan barang mewah lagi, Seiring dengan perkembangan teknologi dan permintaan yang besar dari konsumen ditambah lagi persaingan bisnis yang ketat dari para vendor pastinya akan menekan harga komponen dari perangkat sehingga kita bisa memiliki TV dengan antena parabola dengan harga yang terjangkau.

Tak heran saat ini banyak yang lebih memilih menggunakan parabola dibandingkan dengan memakai antena biasa, apalagi dalam waktu dekat pemerintah akan menshutdown pelayanan siaran TV analog yang mengharuskan pengguna TV untuk beralih ke siaran digital.

Dengan menggunakan antena parabola yang dilengkapi dengan receiver digital, otomatis kita akan menerima siaran digital dari siaran televisi yang ditampilkan sehingga jika peraturan pemerintah tersebut diberlakukan, para pengguna parabola pastinya akan aman sentosa.

Mengatasi TV parabola hilang sinyal

Bagi pengguna parabola yang sudah lama, pastinya sudah mengetahui berbagai hal tentang permasalahan yang sering timbul pada perangkat parabola seperti hilang sinyal tiba-tiba sehingga TV tidak bisa menampilkan dan menemukan program apapun dari channel yang kita pilih.

Akibat TV Parabola yang Hilang Sinyal

Dalam keadaan hilang sinyal,  TV parabola tidak akan bisa menerima siaran apapun dan TV mustahil untuk bisa menampilkan siaran apapun, setidaknya itulah yang admin ketahui dan fahami hingga saat ini, silahkan koreksi jika pernyataan saya ini salah.

Mengapa bisa demikian…? Karena TV parabola merupakan TV yang menerima siaran digital melalui perangkat khusus yang dapat menerima sinyal dari satelit sehingga kita bisa menikmati siaran televisi dengan kualitas yang bagus.

Jadi hampir bisa dipastikan tanpa adanya sinyal yang diterima dari satelit, kita tidak akan bisa menerima siaran apapun yang otomatis cahnnel TV apapun yang kita pilih tidak bisa menampilkan gambar dan siaran yang sedang berlangsung.

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk bisa menerima siaran TV parabola adalah mencari penyebab dan mengatasi hilangnya sinyal sehingga kita bisa mengembailkan channel TV yang ada.

Oleh sebab itu, disini saya akan mengulas beberapa penyebab hilangnya sinyal TV parabola dan langkah yang harus ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Cara Mengatasi TV Parabola hilang sinyal

Pengguna TV parabola pastinya sudah pernah mengalami hilang sinyal yang berakibat pada hilangnya siaran televisi favorit yang sering kita tonton.

Masalah hilang sinyal ini kadang disebabkan oleh hal yang sepele dan sebenarnya bisa kita atasi sendiri asalkan mau belajar untuk melakukannya.

Dengan melakukan analisa terhadap beberapa penyebab hilangnya sinyal pada TV parabola akan memudahkan kita untuk mengambil tindakan yang tepat agar masalah dapat teratasi tanpa menambah masalah yang lain.

Baiklah sobat sekalian berikut ini beberapa penyebab TV parabola hilang sinyal yang umum terjadi dan tips untuk mengatasinya.

Cuaca buruk

Faktor cuaca yang tidak bersahabat seperti hujan badai dan angin kencang seringkali menjadi penyebab hilangnya sinyal pada TV parabola.

Awan hitam yang menyelimuti langit yang disertai hujan dengan intensitas yang lebat apalagi disertai petir akan sangat menggangu penerimaan sinyal parabola dari satelit.

Masalah hilangnya sinyal karena cuaca buruk biasanya sering dialami oleh pengguna parabola mini dengan jalur ku-band, keadaan ini biasanya akan kembali normal ketika cuaca sudah mulai stabil kembali.

Berbeda dengan pengguna parabola C-Band yang biasanya masih bisa menerima siaran televisi hanya saja akan mengalami penurunan kualitas sinyal yang diterima dari satelit.

Siaran televisi akan masih bisa diterima jika penurunan sinyal tidak terlalu signifikan atau masih dalam tahap wajar, namun jika ternyata sinyal mengalami penurunan yang drastis atau bahkan hilang, maka pastinya keadaan akan sama dengan para pengguna parabola mini.

Dalam keadaan cuaca buruk tak ada hal yang bisa anda lakukan jika sinyal TV parabola hilang kecuali bersabar hingga cuaca kembali normal, setelah cuaca membaik anda bisa kembali menikmati siaran televisi.

Periksa konektor kabel di Receiver

Penyebab hilangnya sinyal TV parabola seringkali sisebabkan oleh masalah sepele seperti konektor kabel dari antena parabola ke receiver mengendor atau mungkin lepas yang berakibat pada sinyal hilang.

Konektor kabel rusak

Silahkan periksa dengan seksama, kalau perlu cabut dan pasang kembali dan pastikan konektor sudah terpasang dengan kuat pada port yang sudah disediakan.

Jika sinyal masih juga hilang, coba periksa babel antena tersebut apakah ada yang terkoyak karena digigit tikus atau mungkin ada yang terputus. Jika ada kerusakan pada kabel silahkan ganti dengan yang baru untuk mengatasinya.

Periksa LNB

LNB atau low noise block merupakan komponen parabola yang berfungsi untuk menerima sinyal dari jaringan satelit dengan mengumpulkan gelombang radio dari piringan parabola kemudian mengubahnya menjadi sinyal yang diterima oleh TV melalui kabel antena.

Ketika ada masalah atau kerusakan pada perangkat LNB, dipastikan akan membuat penerimaan sinyal satelit menjadi terganggu seperti sinyal hilang timbul atau bahkan sinyal hilang sama sekali.

Untuk mengecek apakah LNB masih terhubung dengan baik adalah dengan melihat indikator sinyal yang di tampilkan oleh receiver di layar TV anda.

Biasanya ada 2 indikator sinyal yang ditampilkan yakni intensitas sinyal (sinyal bagian atas) dan kualitas sinyal (sinyal bagian bawah)

Jika anda menemukan intensitas sinyal yang dihasilkan masih diatas angka 50% itu menandakan bahwasanya LNB masih terhubung dengan baik dengan receiver dan sebaliknya jika anda menemukan sinyal 0% pada intensitas sinyal bagian atas, bisa dipastikan LNB tidak terhubung dengan receiver.

Selanjutnya silahkan periksa LNB nya apakah ada konektor dari LNB ke antena yang berkarat atau mungkin perangkat LNB yang telah jadi sarang semut atau hewan lainnya yang menyebabkan berkurangnya penerimaan sinyal satelit.

Periksa LNB

Jika memang LNB mengalami kerusakan dan tidak bisa berfungsi dengan baik, jalan terakhir yang bisa anda tempuh adalah dengan menggantinya dengan yang baru agar masalah bisa cepat teratasi.

Kerusakan Pada Receiver

Penyebab hilang sinyal pada TV parabola yang sering terjadi berikutnya adalah adanya kerusakan pada perangkat Receiver parabola.

Kerusakan pada receiver bisa disebabkan oleh 2 hal, yakni masalah atau error pada software dan adanya kerusakan pada komponen hardware pada receiver.

Kerusakan softwrae

Sebagian merek receiver bisa melakukan update software secara otomatis melalui jaringan satelit, jika proses update tersebut mengalami masalah atau terganggu seperti karena listrik mati maka update akan terputus dan software terinstal tidak sempurna.

Update software yang tidak sempurna akan mengakibatkan receiver tidak bisa bekerja dengan baik sehingga ketika dihidupkan tidak bisa menerima sinyal sama sekali.

Untuk mengatasinya anda bisa melakukan reset receiver ke settingan pabrik atau anda bisa update software versi terbaru dengan download dari website resminya kemudian instal di receiver.

Kerusakan Hardware

Seperti halnya perangkat elektronik pada umumnya, receiver parabola juga bisa mengalami kerusakan pada komponen yang ada didalamnya.

Untuk mengeceknya silahkan gunakan receiver lain yang masih normal, anda bisa pinjam teman atau tetangga yang memiliki receiver parabola.

Jika dicoba dengan receiver pinjaman ternyata bisa menerima sinyal dengan baik, maka bisa dipastikan receivermu mengalami kerusakan dan membutuhkan perbaikan segera.

Kerusakan Receiver

Memperbaiki receiver yang rusak hardwarenya berarti anda harus membingkar, mengecek dan mengganti komponen yang rusak dengan yang baru.

Saran saya sebaiknya serahkan perbaikan pada ahlinya atau teknisi yang anda percaya jika anda tak menguasai cara memperbaikinya.

Apabila kerusakan memang parah dan butuh biaya besar untuk perbaikan, lebih baik ganti dengan receiver yang baru saja daripada mempertahankan yang lama dengan biaya perbaikan yang hampir sama.

Disc Parabola Berubah Posisi

Satu lagi yang menyebabkan hilangnya sinyal pada TV parabola adalah bergesernya arah dan posisi piringan parabola sehingga membuat sinyal satelit menjadi hilang total.

Meskipun masalah ini termasuk kasus yang jarang terjadi, namun jika anda telah memeriksa beberapa poin yang telah saya sebutkan diatas dan ternyata sinyal masih hilang juga, bisa jadi piringan mengalami perubahan posisi.

Disc parabola berubah posisi

Untuk mengatasi masalah ini anda harus melakukan tracking sinyal dengan mengarahkan piringan parabola kearah yang tepat sehingga sinyal satelit bisa diterima dengan baik oleh receiver.

Baca Juga: Cara Mencari Program TV yang Hilang

Kesimpulan

Setelah anda membaca artikel ini tentunya sudah ada gambaran tentang cara mengatasi TV parabola yang hilang sinyal dengan memperhatikan berbagai penyebab dan cara memperbaiki step by step seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Terkadang hilangnya sinyal disebabkan oleh hal-hal teknis yang sepele yang bisa kita atasi sendiri tanpa bantuan teknisi, contohnya seperti  konektor yang longgar atau kabel antena yang terkoyak yang bisa kita ganti sendiri dengan yang baru.

Untuk kendala non teknis seperti cuaca buruk, maka tak ada yang bisa anda lakukan kecuali bersabar dan banyak berdoa agar cuaca kembali normal. Ketika cuaca sudah normal maka sinyal satelit akan diterima dengan baik dan anda bisa menikmati siaran televisi lagi tanpa masalah.

Gambar Gravatar
Founder Arzeka.com Memiliki Hobi Menulis di Blog, Menyukai Semua Tentang Teknologi Informasi dan Dunia Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *