7 Cara Mengetahui WA Diblokir Oleh Teman Paling Mudah

Diposting pada

Tanda WA di blokir

Pengguna smartphone saat ini sudah tidak terpisahkan dengan aplikasi WhatsApp Messenger. Hampir bisa dipastikan pengguna Android dan IOS saat ini memanfaatkan WA untuk kebutuhan pesan instan dan melakukan panggilan sehari-hari.

Popularitas WhatsApp mampu menggeser dominasi pasar aplikasi pesan instan lainnya yang pernah populer di Indonesia. Sebut saja aplikasi BBM, Line, Wechat dan lainnya harus mengakui kehebatan WhatsApp sebagai media komunikasi berbasis internet terbesar saat ini.

WhatsApp merupakan aplikasi yang ringan dan mudah digunakan dengan antarmuka yang userfriendly. Tak heran jika para pengguna smartphone lebih memilih aplikasi ini dibandingkan aplikasi sejenis yang cenderung ribet dan lemot.

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, kita bisa dengan mudah mengirim dan menerima pesan, melakukan panggilan dan video call dengan kualitas yang sangat bagus. Tentunya hal itu tergantung dari koneksi internet masing-masing pengguna.

Dalam interaksi dengan sesama pengguna WA, tak jarang kita temukan fenomena blokir-memblokir kontak yang sering terjadi. Lantas bagaimana caranya kita bisa mengetahui WA diblokir oleh teman…?

Nah pada kesempatan hari ini, admin akan berbagi tentang beberapa tanda atau ciri-ciri WhatsApp kita diblokir oleh orang lain. Dengan beberapa indikasi yang akan saya uraikan nanti, bisa ditarik kesimpulan apakah WA kita diblokir atau tidak.

Tips Mengetahui WA Diblokir

Pada dasarnya WhatsApp mengizinkan kepada penggunanya untuk melakukan pemblokiran kepada kontak atau nomor WA orang lain dengan fitur yang disediakan didalam aplikasi dengan cara yang sangat mudah untuk melakukannya.

Cara mengetahui WA diblokir

Memblokir kontak juga merupakan hak setiap orang dalam berkomunikasi menggunakan WhatsApp. Karena setiap pengguna memiliki hak untuk berkomunikasi dengan siapa saja atau memilih menutup komunikasi dengan orang yang tak di inginkan.

Selain itu, pemblokiran terhadap orang lain bisa menjadi solusi terbaik jika memang dibutuhkan. Hal itu bisa anda lakukan jika memang orang tersebut sering mengirim pesan yang melanggar seperti berita bohong, ujaran kebencian atau mungkin gambar dan video yang tak sopan.

Dengan memblokir orang tersebut, maka dipastikan pesan dan panggilan yang dilakukan oleh orang tersebut tak sampai kepada anda karena telah diblok oleh sistem aplikasi secara otomatis.

Namun dengan alasan tertentu pihak WhatsApp tidak memberitahu atau memberikan notifikasi khusus kepada orang yang diblokir. Meskipun begitu kita bisa mengetahui bahwa sedang diblokir di WA dari beberapa tanda yang bisa kita temukan didalam aplikasi.

Tanda-Tanda WA Kita Diblokir Orang Lain

Jika anda mencurigai ada teman yang memblokir kontak anda di WhatsApp, ada beberapa tanda yang bisa anda temukan ketika menggunakan aplikasi WA.

Beberapa ciri dibawah ini bisa terjadi pada WhatsApp anda ketika seseorang telah memblokir kontak anda. Berikut ini ciri-ciri WA di blokir orang lain:

Tak bisa mengirim pesan apapun

Ketika kita mengirim pesan kepada orang lain di WhtasApp. Bisa kita temukan tanda centang disamping pesan tersebut. CentangĀ  satu warna hitam menandakan bahwa pesan belum terkirim, centang dua hitam berarti pesan terkirim dan centang dua biru yang menandakan pesan sudah dibaca oleh penerima.

Ciri pertama yang bisa mengindikasikan bahwa anda sedang diblokir oleh teman adalah ketika anda mengirim pesan kepadanya ada notifikasi pesan tak terkirim atau centang satu hitam dalam waktu yang lama.

Pesan tak terkirim karena di blokir

Tapi tanda centang pada WhatsApp bisa saja dimanipulasi oleh pengguna dengan sedikit pengaturan pada akun privasi sehingga tidak bisa menjadi indikasi mutlak bahwa WA kita diblokir oleh yang bersangkutan.

Bisa jadi pengguna sedang tidak memiliki kuota internet sehingga tidak bisa menggunakan aplikasi atau mungkin sedang berada di daerah yang tidak terjangkau oleh koneksi internet yang berakibat pada pesan WA tidak terkirim.

Tidak bisa melakukan panggilan pada pemblokir

Dalam keadaan normal, kita bisa dengan mudah melakukan panggilan kepada sesama pengguna WA tanpa hambatan. Asalkan kedua perangkat terkoneksi dengan internet dan tidak dalam kondiri diblokir oleh orang yang kita telepon.

Namun jika WA kita diblokir oleh teman, maka tidak mungkin bisa melakukan panggilan kepada orang yang telah memblokir kita. Baik itu panggilan suara maupun panggilan video sebagai konsekwensi dari pemblokiran yang dilakukan.

Jadi jika anda mengalami hal tersebut, kemungkinan kontak anda sedang diblokir oleh orang tersebut yang tidak mengharapkan untuk berkomunikasi dengan anda lagi di aplikasi WhatsApp.

Namun lagi-lagi anda harus memastikannya dulu, apakah orang tersebut bisa terhubung ke internet atau tidak. Karena aplikasi WhatsApp mustahil digunakan tanpa adanya koneksi internet di kedua belah pihak.

Hilangnya foto profil pemblokir

Cara mengetahui WA kita di blokir yang ke 3 adalah perubahan foto profile pemblokir menjadi gambar default yakni gambar bawaan dari aplikasi seperti ketika kita pertama kali daftar.

Aplikasi WhatsApp memungkinkan anda untuk berganti foto profile yang bisa dilihat oleh pengguna lain dan akan memudahkan teman untuk mengenali anda.

Akan tetapi jika seseorang memblokir anda di WhatsApp, maka yang terjadi anda tidak akan bisa melihat foto profil orang tersebut dan foto akan berubah menjadi gambar default yakni berwarna abu-abu.

Namun bisa saja orang tersebut tidak ingin menggunakan foto atau gambar di profilnya. Untuk memastikannya, coba lihat pada WA teman lainnya yang memiliki kontak orang tersebut.

Jika di HP teman anda ada foto profilnya dan di HP anda tak muncul foto profil, maka kemungkinan besar anda diblokir oleh orang tersebut.

Status “Last Seen” tak terlihat

Last Seen atau terakhir dilihat merupakan fitur aplikasi yang menandakan kapan pengguna WA terakhir membuka aplikasi atau terakhir online di WhatsApp.

Ciri whatsapp di blokir

Salah satu indikasi WA anda di blokir adalah tidak bisa melihat status last seen tersebut pada panel chatting orang yang memblokir anda.

Namun begitu, tanda ini tak serta merta menandakan kalau anda sedang diblokir, karena fitur last seen bisa dimatikan dengan mudah di pengaturan privasi pengguna WA.

Untuk memastikannya silahkan lihat pada HP teman yang mempunyai kontak orang tersebut. Jika disana anda bisa melihat status terakhir dilihat sedangkan di ponsel anda tidak ada status tersebut, maka besar kemungkinan anda kena blokir.

Tidak bisa melihat status terbaru

Aplikasi WhatsApp saat ini sudah dilengkapi dengan fitur berbagi cerita sehingga memungkinkan pengguna untuk berbagi status terbaru yang bisa dilihat oleh orang lain sesama pengguna WA.

Melihat staus terbaru orang lain bisa dilakukan jika kita tidak sedang diblokir oleh yang bersangkutan atau kontak kita tidak sedang dibatasi untuk melihat status tersebut.

Tapi jika kita sedang diblokir, maka tak mungkin untuk bisa melihat status terbaru yang dibagikan oleh pemblokir.

Tak bisa diundang di Group Call

Group call memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan bersama-sama didalam group dengan maksimal 4 pengguna termasuk inisiatornya.

Tips mengetahui WA diblokir teman

Jika anda tergabung dalam sebuah group tertentu dengan orang yang anda curigai telah memblokir WA. Cobalah untuk mengundangnya kedalam group call, jika orang tersebut tak bisa bergabung kedalam group call maka bisa jadi firasat anda benar.

Tidak bisa memasukkan ke group

Di WhatsApp kita bisa mudah membuat group dan memasukkan orang lain kedalam group tersebut sesuka hati meskipun tanpa meminta persetujuan yang bersangkutan.

Kontak yang dimasukkan kedalam group hanya punya opsi untuk keluar dari group jika dia tidak berkenan.

Berbeda jika anda diblokir oleh seseorang. Dipastikan anda tidak akan bisa memasukkan orang tersebut kedalam group dan akan muncul peringatan bahwa anda tidak memiliki izin untuk menambahkan orangtersebut kedalam group yang anda buat.

Untuk mengetahuinya, silahkan membuat group baru kemudian coba tambahkan kontak orang yang dicurigai telah memblokir WA anda kedalam group yang baru dibuat tadi.

Lihat hasilnya, jika berhasil maka pastinya anda tidak sedang diblokir dan jika sebaliknya kemungkinan memang sudah nasib anda kena blokir teman.

Demikian sahabat sekalian artikel saya tentang cara mengatahui bahwa WA kita diblokir oleh teman dengan beberapa tanda yang bisa menjadi indikasi kuat tentang masalah tersebut. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Gambar Gravatar
Founder Arzeka.com Memiliki Hobi Menulis di Blog, Menyukai Semua Tentang Teknologi Informasi dan Dunia Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *