7 Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Orang Lain

Diposting pada

Tanda Whatsapp disadap

Fenomena penyadapan akun WhatsApp kian marak terjadi akhir-akhir ini. Hal itu biasanya terjadi karena kurangnya pengetahuan pengguna tentang ciri-ciri WhatsApp yang disadap dan minimnya kesadaran akan pentingnya menjaga keamanan aplikasi.

Didalam artikel kali ini, admin akan coba berbagi tentang 7 cara mengetahui akun WhatsApp yang sedang disadap lengkap dengan penjelasan yang mudah difahami.

Dengan membaca tulisan ini sampai selesai diharapkan pembaca akan memahami beberapa tanda akun WA yang sedang diretas sehingga akan meningkatkan kewaspadaan terhadap akun WA masing-masing.

Dewasa ini hampir dipastikan setiap orang telah memiliki aplikasi WhatsApp yang terinstal di HP mereka. Aplikasi berbagi pesan untuk pengguna android dan IOS ini telah digunakan oleh lebih dari satu miliar pengguna di dunia.

Siapapun bisa memiliki aplikasi ini secara gratis dengan download di Google Play Store untuk pengguna Android dan di Apps Store bagi pengguna produk Apple. Setelah di instal selanjutnya anda harus mendaftar menggunakan no HP untuk bisa menikmati semua fitur yang disediakan.

WhatsApp banyak dipilih karena memiliki fitur yang sangat lengkap dan menawarkan kemudahan dalam pemakaian. Tampilan yang sederhana dan userfriendly membuat pengguna merasa lebih leluasa menggunakan aplikasi ini meskipun pengguna baru sekalipun.

Begitu banyaknya orang yang menggunakan WhatsApp, membuat pelaku kejahatan yang mencari celah kelemahan dari aplikasi ini. Hal itu mereka lakukan untuk mendapatkan informasi dari target dengan cara melakukan penyadapan.

Yang Terjadi Jika WA Disadap

Penyadapan terhadap aplikasi WhatsApp mungkin bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun kebanyakan, pelaku penyadapan adalah orang dekat kita. Meskipun begitu, tak menutup kemungkinan dilakukan orang lain yang memang punya niat jahat terhadap anda.

Ketika WhatsApp kita disadap, maka ada beberapa hal yang akan mungkin terjadi yang tentunya akan merugikan anda. Diantaranya dalah sebagai berikut:

  • Penyadap bisa mengetahui atau membaca setiap pesan yang masuk dan keluar
  • Memeriksa panggilan masuk dan keluar
  • Mengirim pesan atas nama anda
  • Menghapus pesan yang masuk
  • Memblokir teman di WhatsApp
  • Mengeluarkan anda dari group

Oleh sebab itu, sebagai pengguna aplikasi ini sudah seharusnya kita mengetahui tanda-tanda WhatsApp disadap oleh orang lain. Setelah mengetahuinya kita bisa mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap

Aplikasi WhatsApp yang disadap memiliki beberapa tanda yang mungkin bisa menjadi indikasi bahwasanya WA anda sedang di pantau orang lain atau mungkin dikloning dan dibajak oleh orang lain, diantara ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

Pesan telah terbaca padahal anda belum membacanya

Jika anda mendapat pesan dari teman, dan ternyata sudah bertanda centang biru padahal anda yakin belum pernah membacanya. Maka anda patut curiga karena kemungkinan besar pesan telah dibaca orang lain yang telah menyadap WA anda.

Cara mengetahui Whatsapp disadap

Seperti yang sudah kita fahami bahwasanya secara default, pesan masuk yang sudah dibaca akan berubah menjadi centang biru di WhtasApp pengirim. Hal itu sebagai tanda kepada pengirim bahwasanya kita sudah membaca pesan yang ia kirim.

Untuk mengeceknya, cobalah kirim pesan dari ponsel teman ke nomor WA anda dan pastikan pesan tidak dibuka sementara waktu. Jika pesan ternyata statusnya berubah centang biru maka dipastikan WA anda sedang disadap orang lain.

Mengirim pesan yang tidak anda kirim

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahasanya penyadap bisa mengirim pesan kepada orang lain menggunakan nomor anda. Nah…. Jika hal itu terjadi pada WhatsApp anda, maka dipastikan orang lain telah mengendalikan akun WA anda dari jarak jauh.

Penyadap WhatsApp bisa mengirim pesan berupa teks, gambar dan video serta jenis fale lainnya atas nama anda. Hal itu sangat berbahaya jika pelakunya memang memiliki niat jahat terhadap pemilik akun WA.

Keluar dari group tanpa anda ketahui

Jika akun Whatsapp anda sedang diretas oleh orang lain. Maka mereka bisa mengeluarkan anda dari group WA tanpa sepengetahuan anda.

Apabila anda mendapati kasus tersebut terjadi pada akun WhatsApp. Hati-hati karena kemungkinan besar WhatsApp anda sedang di bajak oleh orang tak bertanggung jawab.

Ada kontak yang terblokir sendiri

Satu lagi tanda akun WA anda sedang dibajak adalah adanya kontak yang tiba-tiba terblokir tanpa sepengetahuan anda sebagai pemilik akun. Hal itu bisa dilakukan oleh peretas yang berhasil mengendalikan akun milik anda.

Dengan diblokirnya kontak tertentu. Maka anda tak bisa berkomunikasi dengan pengguna tersebut baik melakukan panggilan maupun sekedar berkirim pesan.

Begitu juga sebaliknya, orang yang diblokir juga tak bisa melakukan panggilan dan melakukan chatting dengan anda sampai blokiran dibuka.

Status online padahal sedang tidak aktif

Status online akan terlihat oleh pengguna lain ketika anda sedang membuka aplikasi WhatsApp. Namun jika status online dan anda tidak sedang membuka aplikasi WA di ponsel atau WhatsApp Web di desktop, maka besar kemungkinan WhatsApp anda sedang diretas.

Untuk membuktikannya silahkan cek di WhatsApp teman anda dan lihat status sedangkan anda tidak sedang membuka WA.

WhatsApp logout sendiri

Pada dasarnya WhatsApp hanya bisa digunakan pada satu HP saja. Jika nomor anda digunakan untuk mendaftar WhatsApp oleh orang lain biasanya akan ada pesan verifikasi ke nomor anda.

Jika anda menerima pesan OTP sedangkan anda tak sedang mendaftar WA. Maka waspadalah kemungkinan ada orang yang sedang mengkloning nomor anda dan mendaftarkannya ke aplikasi WhatsApp.

Adanya log perangkat tak dikenal

Cara mengetahui WhatsApp disadap berikutnya adalah apabila anda menemukan adanya perangkat tak dikenal yang terhubung melalui WhatsApp Web padahal anda tak pernah menggunakannya. Maka pastinya ada orang lain yang ingin memantau aplikasi WA yang anda gunakan.

Untuk mengetahuinya dan mengatasinya adalah masuk ke menu WhatsApp web dan keluar dari perangkat yang tak dikenal atau anda bisa pilih keluar dari semua perangkat yang terhubung.

Log out dari whatsapp web

Cara periksa perangkat yang terhubung

  • Buka aplikasi WhatsApp dan pilih titik 3 di kanan atas
  • Pilih WhatsApp Web
  • Disana anda bisa menemukan perangkat yang terhubung langsung dengan WA anda
  • Jika sudah menemukannya silahkan keluar dari perangkat yang tak dikenal
  • Atau anda pilih keluar dari semua perangkat

Jika anda sudah berhasil log out dari semua perangkat yang terhubung. Maka orang yang sedang memantau WA anda dijamin tak akan bisa lagi terhubung dengan aplikasi WhatsApp yang anda gunakan.

Demikian sahabat semua, beberapa cara mudah mengetahui apakah WhatsApp kita sedang disadap. Setelah anda membaca artikel ini, pastikan untuk selalu waspada dan hati-hati jangan sampai aplikasi WhatsApp anda disadap dan dibajak oleh orang lain.

Gambar Gravatar
Founder Arzeka.com Memiliki Hobi Menulis di Blog, Menyukai Semua Tentang Teknologi Informasi dan Dunia Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *