Cara Reset Printer Epson L120 Mudah dan Cepat

Diposting pada

Tutorial kali ini akan memandu anda untuk melakukan reset printer Epson L120 yang sedang error dengan langkah yang mudah difahami dan bisa anda lakukan sendiri dirumah. Pastikan anda membaca artikel ini sampai selesai agar tidak gagal faham.

Epson merupakan produsen printer terkemuka dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Salahsatu produknya yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Epson L120 yang bisa anda dapatkan dengan harga yang relatif terjangkau.

Printer epson L120 dilengkapi dengan ink tank sehingga tidak perlu sering isi tinta ke catridge seperti pada printer zaman dahulu. Printer L120 juga mudah digunakan dan perawatannya, tak heran banyak yang memilih printer ini untuk berbagai keperluan.

Seiring pemakaian, biasanya printer akan mengalami masalah atau error yang membuat printer tak bisa digunakan untuk bekerja. Error biasanya ditandai dengan lampu indikator berkediap (blinking) berwarna orange.

Reset Epson L120 blinking

Penyebab Error Printer Epson L120

Ketika muncul lampu berkedip berwarna orange, maka dipastikan printer tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen apapun, sehingga diperlukan tindakan yang cepat dan tepat untuk mengatasinya.

Banyak hal yang menyebabkan printer mengalami error dengan lampu berkedip, diantaranya yang paling populer adalah error waste ink full yang menjadi pemicu munculnya masalah over ink pad counter atau tempat pembuangan tinta sudah penuh.

Error tersebut berdasarkan perhitungan data yang dikirim oleh printer ke PC yang terhubung yang berarti masalah bukan terjadi pada hardware namun pada sistem yang bisa diatasi dengan cara melakukan reset pada printer tersebut.

Reset pada printer Epson juga bisa mengatasi berbagai masalah lainnya yang berhubungan dengan sistem yang error, jadi sebelum membawa printer anda ke service center, ada baiknya lakukan reset terlebih dahulu karena kebanyakan masalah pada sistem bisa diatasi dengan cara ini.

Cara reset printer Epson L120

Sebenarnya melakukan reset pada printer Epson L120 sangatlah mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus untuk melakukannya. Dan disini admin akan memandu anda untuk bisa melakukannya dengan langkah-langkah yang mudah difahami.

Setelah membaca dan mengikuti tutorial di sini, diharapkan anda sudah bisa melakukan reset printer sendiri tanpa bantuan orang lain.

Baca juga: Cara instal printer epson L120

Pada dasarnya reset printer L120 ada 2 cara yakni secara manual dan dengan menggunakan bantuan software atau aplikasi khusus yang akan saya share gratis nantinya.

Reset printer L120 secara manual

Reset manual pada printer L120 bisa anda lakukan jika catridge kehabisan tinta yang ditandai dengan lampu indikator tinta menyala terus dan printer tidak bisa merespon perintah apapun atau tidak bisa digunakan untuk bekerja.

Jika anda mengalami masalah tersebut, silahkan cek tabung tinta dan isi tintanya jika memang sudah habis dengan tinta original yang baru.

Setelah itu lakukan langkah berikut ini:

  • Hidupkan printer anda dengan menekan tombol power
  • Selanjutnya tekan tombol resume dan tahan selama 10 detik kemudian lepaskan
  • Setelah itu lanjutkan dengan menekan tombol tinta yang menyala
  • Printer akan otomatis mengisi tinta ke catridge dari tabung infus yang sudah anda isi sebelumnya
  • Tunggu sampai lampu indikator tinta padam
  • Printer siap digunakan

Jika dengan langkah tersebut ternyata belum berhasil, silahkan ulangi kembali karena kemungkinan dibutuhkan tidak cukup sekali reset untuk mengisi catridge printer anda.

Reset Epson L210 dengan software

Jika printer anda mengalami error lampu berkedip atau blinking pada lampu indikator tinta dan kertas secara bergantian, maka solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan reset menggunakan adjustment program yang dibuat khusus untuk tipe printer anda.

Untuk bisa melakukan reset epson L120 dengan benar, dibutuhkan software resetter yang sesuai dengan tipe printer tersebut.

Kabar baiknya, disini anda bisa download software reseter tersebut secara gratis pada link dibawah ini.

Download Resetter Epson L120

Silahkan download dulu software yang dibutuhkan, jika sudah ekstrak file yang sudah selesai anda download kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan printer anda dalam keadaan hidup dan terhubung dengan PC atau Laptop
  • Jalankan software resetter dengan klik 2 kali pada AdjProg_L120
  • Akan muncul tampilan Epson Adjustment program silahkan klik Particular Adjustment Mode

Epson Adjustment program 2020

  • Akan muncul jendela baru silahkan pilih Waste ink pad counter dan klik OK

Error waste ink pad counter

  • Selanjutnya beri tanda centang pada Main pad counter dan lanjutkan dengan klik Check dibagian bawah dan dilanjutkan dengan klik tombol Initialize

reset printer epson l120

  • Langkah selanjutnya adalah matikan printer anda kemudian hidupkan lagi
  • Selesai

Setelah selesai melakukan langkah-langkah diatas, harusnya error lampu berkedip pada printer epson L120 sudah bisa teratasi dan printer siap digunakan untuk mencetak dokumen lagi.

Jika error blinking belum berhenti setelah dilakukan adjustment dengan progran tersebut, silahkan lakukan reset printer lagi dengan mengulangi langkah-langkah seperti diatas. Bisa jadi reset pertama yang anda lakukan gagal dan mudah-mudahan yang kedua ini bisa membuahkan hasil.

Namun jika sudah melakukan reset berkali-kali dan error belum teratasi, silahkan bawa printer anda ke service center, karena kemungkinan kerusakan ada pada hardwarenya yang membutuhkan pengecekan lebih detail untuk bisa ditemukan penyebab error tersebut.

Gambar Gravatar
Founder Arzeka.com Memiliki Hobi Menulis di Blog, Menyukai Semua Tentang Teknologi Informasi dan Dunia Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *