2 Cara Reset Printer Epson L360 Panduan Terlengkap

Diposting pada

Didalam artikel ini anda akan menemukan panduan lengkap dan mudah cara reset printer epson L360 yang mengalami error sehingga tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen apapun. Pastikan anda membaca tulisan ini sampai selesai agar bisa memahami tutorial yang disampaikan.

Epson L360 merupakan sebuah all ini one printer yang memungkinkan anda untuk bisa melakukan print, scan dan copy dokumen dalam satu perangkat dengan ink tank yang terintegrasi sehingga printer ini sangat cocok untuk digunakan di perkantoran maupun untuk pengguna rumahan.

Di Indonesia printer ini banyak diminati karena harganya yang relatif murah dengan fitur berlimpah, perangkat ini juga mudah dioperasikan dan mudah untuk melakukan perawatan sehingga tak heran jika banyak yang memilih produk ini untuk kebutuhan cetak dokumen.

Seiring waktu dan intensitas pemakaian, seringkali printer akan mengalami masalah sehingga perangkat tidak bisa merespon perintah untuk mencetak dokumen. Hal itu lumrah terjadi pada printer merek Epson dan Canon yang mengharuskan anda untuk segera melakukan reset agar printer bisa normal kembali.

Panduan Reset Printer Epson L360

Kapan Printer Epson harus direset?

Awet tidaknya sebuah printer sangat bergantung terhadap perlakuan kita terhadap perangkat tersebut, jika kita menggunakan printer dengan cara yang benar disertai dengan prosedur perawatan yang rutin tentunya printer akan lebih lama masa pakainya.

Begitupun sebaliknya, jika perlakukan terhadap printer dilakukan dengan sembarangan apalagi sering dipakai banyak orang disertai dengan minimnya perawatan maka kemungkinan besar akan membuat printer cepat rusak.

Sedangkan dengan perawatan rutin saja adakalanya printer mengalami error yang disertai dengan lampu indikator tinta dan kertas berkedip disertai printer tidak bisa mencetak dokumen dan tidak merespon perintah lainnya.

Error dengan lampu blinking biasanya menandakan adanya masalah baik itu masalah software maupun pada perangkat keras atau hardwarenya.

Namun menurut pengalaman, hal yang sering menyebabkan error lampu berkedip pada printer epson disebabkan oleh masalah waste ink full yang berakibat pada over ink pad counter atau counter pembuangan tinta yang sudah penuh.

Munculnya kesalahan tersebut terjadi secara sistem dimana printer telah di setting oleh vendor untuk jumlah pencetakan sekian ribu lembar atau dalam kurun waktu tertentu maka akan muncul peringatan tersebut secara otomatis.

Hal itu mengharuskan kita untuk meresetnya agar sistem kembali menghitung ulang dari 0 seperti ketika baru kita beli dari toko dan setelah reset berhasil biasanya printer akan bekerja normal kembali.

Cara reset printer Epson L360

Seperti halnya pada kebanyakan printer epson, printer L360 juga akan minta direset jika sudah sampai batas waktu atau jumlah pencetakan tertentu agar bisa berfungsi dengan baik.

Disinilah dibutuhkan pengetahuan yang benar tentang cara reset printer Epson agar tidak terjadi kesalahan yang berpotensi menimbulkan masalah baru nantinya.

Nah…., oleh sebab itu pada kesempatan yang baik ini, admin akan bagikan tutorial lengkap cara melakukan reset pada printer Epson L360 yang akan memandu anda untuk mahir dalam urusan reset mereset printer khususnya printer Epson.

Jadi jika anda pengguna printer Epson L360 dan sedang mengalami error dengan lampu berkedip, jangan buru-buru membawanya ke teknisi dulu sebelum mencoba trik yang akan saya ajarkan pada tulisan ini.

Jika dengan melakukan reset ternyata printer sudah sembuh dan bisa bekerja normal tentunya akan menghemat biaya perbaikan dan andapun akan bertambah pengetahuannya jika sewaktu-waktu error kembali muncul, anda tahu apa yang harus dilakukan.

Pada dasarnya ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk mereset printer Epson L360, yakni dengan cara manual dan dengan menggunakan bantuan software resetter yang keduanya akan saya jelaskan kepada anda langkah-langkah melakukannya.

Reset Epson L360 secara manual

Reset printer secara manual artinya melakukan reset tanpa menggunakan software atau aplikasi apapun, namun dengan memanfaatkan kombinasi penekanan pada tombol-tombol yang tersedia dengan cara dan durasi tertentu.

Melakukan reset manual yang akan saya share disini berdasarkan pada buku panduan printer Epson L360, jadi bagi anda yang masih menyimpan manual book nya silahkan dibuka kembali dan temukan panduannya.

Cara reset manual ini paling mudah dilakukan dan bisa langsung dipraktekkan jika printer anda mengalami error dengan lampu indikator berkedip. Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut.

  • Pertama sekali silahkan cabut kabel power printer selama minimal 5 menit, setelah itu pasang kembali kabel powernya
  • Hidupkan printer dengan tekan dan tahan tombol POWER
  • Kemudian lanjutkan dengan tekan dan tahan tombol RESUME

Reset Epson L360 Manual

  • Biarkan tombol resume dan power dalam keadaan ditekan selama minimal 5 menit
  • Setelah 5 menit lepaskan kedua tombolnya
  • Selanjutnya tekan dan tahan kedua tombol tersebut selama 3 detik kemudian lepaskan
  • Biarkan printer melakukan reset secara otomatis selama beberapa menit

Jika proses reset sudah selesai maka printer akan kembali pada pengaturan default atau pada pengaturan awal, hal itu akan membuat berbagai masalah yang timbul akan hilang seiring dengan suksesnya proses reset yang dilakukan.

Namun apabila dengan cara manual ternyata masalah belum teratasi, anda bisa mencoba cara selanjutnya yakni melakukan reset dengan bantuan software atau program yang dibuat khusus untuk mereset printer.

Reset Printer Epson L360 menggunakan software

Selain secara manual, anda juga bisa mengatur ulang printer dengan software yang bernama Epson Adjustment program yang memang dirancang untuk mengembalikan printer ke pengaturan defaultnya.

Tentunya untuk melakukan reset Epson L360 menggunakan software dibutuhkan komputer atau laptop yang sudah di instal driver sebelumnya yang sesuai dengan tipe printer tersebut agar PC dan printer bisa berkomunikasi dengan baik.

Cara ini bisa anda tempuh jika ternyata reset secara manual tidak berhasil mengatasi masalah sehingga dibutuhkan cara lain agar error yang timbul bisa teratasi.

Adapun langkah-langkah melakukan reset dengan bantuan Epson Adjustment program secara offline bisa anda ikuti seperti dibawah ini.

  • Pertama sekali silahkan download resetter Epson L360 gratis pada LINK INI
  • Ekstrak filenya dan masukkan password www.arzeka.com
  • Setelah terekstrak silahkan jalankan Epson Adjustment dengan klik 2 kali
  • Klik Select untuk memilih tipe printer dan pada model name pilih L360 kemudian klik OK

Reset L360 epson ajustment

  • Selanjutnya klik tombol Particular Adjustment Mode

Epson Adjustment program

  • Akan muncul jendela baru dan pilih Waste Ink Pad Counter dan klik OK

Waste ink pad counter

  • Akan muncul tampilan baru seperti gambar dibawah ini, silahkan beri check list pada Main Pad Counter kemudian klik Check

Atasi error epson L360

  • Klik OK pada jendela pop up yang muncul dan proses reset akan segera dimulai

Biasanya proses reset menggunakan software Epson Adjustment ini hanya berjalan sebentar saja. Jika proses reset selesai akan muncul jendela pop up yang menyuruh kita untuk mematikan printer, silahkan matikan printer beberapa saat kemudian hidupkan kembali.

Selamat….. anda telah berhasil melakukan reset printer Epson L360 dan error lampu berkedip sudah berhasil teratasi. Harusnya sekarang printer anda sudah siap untuk diajak bekerja kembali.

Jika dengan dua cara tersebut ternyata error blinking pada lampu indikator tidak terselesaikan, kemungkinan masalah ada pada hardware atau perangkat kerasnya.

Saran saya silahkan bawa printer anda ke service center terdekat atau kepada teknisi yang anda percaya untuk pengecekan dan penanganan selanjutnya.

Gambar Gravatar
Founder Arzeka.com Memiliki Hobi Menulis di Blog, Menyukai Semua Tentang Teknologi Informasi dan Dunia Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *