Penyebab dan Cara Memperbaiki Layar Laptop Blank Putih

Kali ini admin akan menyajikan sebuah artikel yang akan membahas tentang masalah layar laptop yang mengalami blank berwarna putih yang sering terjadi pada perangkat laptop merek apapun.

Dengan membaca artikel ini, diharapkan pembaca bisa mengetahui dan memahami tentang berbagai penyebab dan cara mengatasi layar laptop blank putih yang mungkin bisa membantu masalah yang sedang anda alami.

Layar atau panel LCD merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah perangkat laptop. Bayangkan jika layar laptop anda bermasalah atau mengalami kerusakan, pastinya laptop tersebut tak akan bisa digunakan sebagaimana mustinya.

Hal itu karena setiap pekerjaan yang anda lakukan dengan laptop pastinya membutuhkan tampilan yang divisualisasikan oleh layar laptop. Intinya tanpa adanya tampilan yang baik pada layar, pastinya anda tak bisa melakukan pekerjaan dengan laptop.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita sebagai pemilik laptop memberikan perhatian khusus terhadap layar LCD atau LED agar layar laptop tetap bisa berfungsi dengan baik dan pekerjaan bisa dilakukan tanpa gangguan.

Salahsatu kerusakan yang sering terjadi pada layar laptop adalah tiba-tiba layar berubah warna menjadi blank putih dan tidak bisa menampilkan apapun selain warna putih saja.

Penyebab Layar Laptop Blank Putih

Sebenarnya banyak hal yang bisa menyebabkan layar laptop mengalami kerusakan blank putih, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kerusakan pada Kabel konektor LCD

Kebanyakan masalah layar laptop yang menjadi blank putih disebabkan oleh kerusakan pada kabel konektor yang menghubungkan antara panel LCD dengan mainboard.

Biasanya hal itu disebabkan oleh koneksi pada kabel mengendor atau kurang kencang. Bisa juga disebabkan oleh kabel konektor yang telah rusak karena sudah usang sehingga harus diganti dengan kabel konektor baru untuk mengatasinya.

Masalah pada driver

Selain kerusakan pada hardware yang bisa menyebabkan layar laptop menjadi blank, ternyata bisa juga disebabkan oleh masalah pada software atau driver yang terpasang, meskipun kemungkinannya kecil.

Biasanya gejala yang ditimbulkan karena masalah driver adalah blank putih muncul pada waktu tertentu saja, misalnya pas update driver atau selesai instal program tertentu.

Kerusakan pada VGA

Salahsatu sebab layar laptop blank putih adalah komponen VGA yang telah rusak. Kerusakan pada VGA memungkinkan laptop dapat menyala namun tak bisa menampilkan gambar apapun.

Komponen VGA pada laptop biasanya tertanam dan menyatu dengan motherboard sehingga perlu keahlian khusus untuk mendeteksi dan menggantinya.

Kerusakan pada Motherboard

Menurut sebagian teknisi, kerusakan pada motherboard atau mainboard bisa disebabkan oleh banyak macam hal. Dimana kerusakan yang terjadi bisa menjadi penyebab layar laptop menjadi blank putih.

Kerusakan pada panel layar

Satu lagi yang mungkin menyebabkan layar laptop blank putih adalah kerusakan pada panel LCD atau LED laptop anda.

Kerusakan pada layar laptop bisa terjadi karena benturan atau memang sudah usang sehingga harus diganti dengan panel layar yang baru.

Cara memperbaiki Layar Laptop Blank Putih

Setelah anda membaca beberapa penyebab yang bisa membuat layar laptop menjadi blank, tentunya sudah ada gambaran tentang cara mengatasinya sesuai dengan penyebab yang mungkin sudah anda temukan.

Disini admin akan berbagi sedikit tentang cara melakukan perbaikan layar laptop blank putih berdasarkan penyebab yang telah saya paparkan diatas.

Memperbaiki atau mengganti kabel konektor

Jika kerusakan disebabkan oleh kabel konektor yang kendor, maka hal yang bisa anda lakukan adalah membuka panel penutup LCD dan membenarkan kabel tersebut bila kendor dan menggantinya jika ternyata kabel sudah usang atau rusak.

Setelah selesai melakukan perbaikan atau mengganti kabel fleksibel, seharusnya layar laptop sudah berfungsi sebagaimana mustinya.

Hal itu bisa anda lakukan jika anda memahami cara membongkar panel LCD laptop, jika tidak bisa sebaiknya bawa ke teknisi laptop yang anda percaya untuk melakukannya.

Update driver VGA

Jika masalah blank putih ditimbulkan oleh kerusakan driver, maka hal yang perlu anda lakukan adalah melakukan update driver VGA dengan versi yang terbaru yang bisa anda download dari website resminya.

Anda bisa melakukannya dengan masuk safe mode yang telah disediakan oleh Windows yakni dengan cara menekan f8 saat boot dan pilih safe mode.

Setelah masuk safe mode, silahkan instal driver VGA terbaru yang sudah anda download. Setelah selesai silahkan restart dan masuk Windows normal.

Jika masalahnya memang karena driver VGA yang rusak, harusnya dengan cara ini masalah sudah bisa teratasi.

Mengganti VGA atau Motherboard

Apabila masalah kerusakan layar laptop disebabkan oleh Kerusakan VGA atau motherboard, maka hal yang bisa anda lakukan adalah mengganti motherboard dengan yang baru atau bekas juga bisa asalkan sesuai dengan tipe laptop anda.

Dalam hal ini anda juga bisa mengganti hanya komponen VGAnya saja jika memang kerusakan telah diketahui karena rusaknya VGA dan itupun jika anda punya keahlian dalam melakukan penggantian komponen tersebut.

Jika tidak bisa, maka mengganti mainboard secara keseluruhan bisa menjadi pilihan yang lebih mudah untuk dilakukan.

Mengganti Panel LCD/LED

Mengganti panel layar LCD atau LED pada laptop merupakan pilihan terakhir jika memang anda sudah yakin kerusakan terletak pada panel layar yang sudah usang sehingga harus diganti dengan yang baru.

Hal itu karena, harga panel layar laptop dipasaran memang cukup mahal. Jadi sebelum mengambil opsi ini, pastikan memang masalah tersebut benar-benar terletak pada layar yang sudah rusak dan hanya bisa diatasi dengan mengganti layarnya.

Untuk melakukan penggantian, pastikan anda mampu untuk melakukannya. Karena jika hanya sekedar coba-coba dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tak diinginkan karena harga panel layar laptop tidaklah murah.

Sebaiknya serahkan penggantian layar pada ahlinya yang telah menguasai tehnik penggantian layar laptop dengan benar sehingga masalah bisa teratasi tanpa menambah masalah yang lain.

Setelah membaca semua artikel ini, diharapkan anda sudah bisa memahami tentang berbagai penyebab dan cara mengatasi layar laptop blank putih berdasarkan diagnosa yang telah dilakukan.

Cara ini bisa digunakan pada semua merek laptop seperti Asus, Acer, Samsung, HP, Sony dan merek laptop lainnya yang tak mungkin saya sebutkan semuanya disini.

Semoga artikel ini bisa membantu menemukan akar masalah layar laptop anda untuk kemudian bisa diambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Tinggalkan komentar