Mengatasi Printer Tidak Bisa Menarik Kertas, Panduan Lengkap

Diposting pada

Pada artikel ini anda akan menemukan berbagai macam penyebab dan cara mengatasi printer macet dan tidak bisa menarik kertas sehingga tidak bisa mencetak dokumen sama sekali. Jadi pastikan anda membaca artikel ini sampai selesai untuk medapatkan gambaran tentang masalah yang sedang terjadi.

Masalah kertas yang sangkut, macet dan tidak bisa menarik kertas merupakan masalah umum dan sering terjadi pada perangkat printer merek apapun seperti Epson, Canon, HP dan merek lainnya. Para pengguna printer yang sudah lama pasti pernah mengalami masalah seperti ini.

Jadi jika anda mengalami masalah ini, jangan panik dan khawatir yang berlebihan karena ini merupakan masalah yang lumrahdan umum terjadi pada printer seiring waktu dan intensitas penggunaan terhadap perangkat.

Nah…, sebelum membawa printer yang macet ke teknisi untuk perbaikan, ada baiknya anda mengikuti beberapa langkah pengecekan berikut ini untuk memperbaiki dan mengatasi masalah tersebut.

Karena kadangkala masalah macetnya printer yang tidak mau menarik kertas bisa saja disebabkan oleh hal sepele yang bisa diatas sendiri jika anda mengetahui penyebab dan cara yang benar untuk mengatasinya.

Printer Macet tak mau menarik kertas

Penyebab Printer Tak Mau Menarik Kertas

Sebelum masuk pada proses perbaikan pada printer, ada baiknya kita mengetahui apa saja penyebab macetnya printer sehingga tidak mau menarik kertas.

Kenapa ini penting….? Karena mengetahui penyebab masalah akan sangat memudahkan kita untuk mengambil langkah terbaik untuk mengatasinya dengan cepat dan tepat.

Dan berikut ini beberapa penyebab umum dan sering terjadi pada printer yang rewel dan tidak bisa menarik kertas .

  • Adanya benda asing yang masuk

Penyebab printer tidak mampu menarik kertas paling sering terjadi adalah adanya benda asing yang masuk kedalam perangkat printer, terutama pada bagian paper seed yang pastinya akan mengganggu kinerja perangkat.

Benda tersebut biasanya akan mengganjal kertas atau roller penarik kertas sehingga tidak mampu menarik kertas untuk di cetak.

  • Masalah pada roller penarik kertas

Roller pada printer berfungsi untuk menarik kertas dari paper seed ke printing area, adanya masalah pada roller pastinya akan berakibat pada kertas yang tak bisa ditarik atau kadang kertas tertarik dan menggulung keluar.

Masalah pada roller yang sering terjadi biasanya disebabkan oleh komponen yang sudah aus sehingga tidak bisa menjangkau kertas, per atau pegas yang sudah kendor dan bisa juga disebabkan karena roller yang kotor oleh debu yang menumpuk.

Printer tidak bisa menarik kertas

  • Kerusakan pada komponen tertentu

Hal lainnya yang bisa menyebabkan printer tidak bisa menarik kertas adalah adanya komponen tertentu yang mengalami kerusakan seperti ada yang patah, roda gigi yang aus dan masalah pada kelistrikan.

Patah pada komponen tertentu yang berhubungan dengan roller sering terjadi karena usia printer yang memang sudah tua, bisa juga disebabkan oleh intensitas penggunaan yang terlalu sering dan karena benturan yang keras pada perangkat.

Sedangkan untuk masalah kelistrikan yang tergganggu atau tidak stabil meskipun ini jarang terjadi, akan berpengaruh terhadap kinerja motor yang berfungsi untuk menggerakkan roller untuk menarik kertas.

  • Printer mengalami error blinking

Faktor lainnya yang membuat printer tidak mau menarik kertas dan bahkan tidak merespon perintah print adalah masalah software yang error yang ditandai dengan lampu indikator yang berkedip bergantian atau biasa disebut error blinking.

Error blinking disebabkan oleh catatan jumlah pencetakan yang sudah penuh pada memori perangkat sehingga harus dikembalikan ke titik nol untuk bisa digunakan kembali.

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Menarik Kertas

Setelah anda mempelajari dan memahami beberapa penyebab yang sudah saya jelaskan diatas, pastinya anda sudah memiliki gambaran kira-kira apa yang harus dilakukan untuk mengatasi macetnya printer yang tidak mau menarik kertas.

Selanjutnya setelah tahu penyebab masalah, saatnya untuk melakukan perbaikan jika hal itu memungkinkan untuk dilakukan.

Ikuti panduan yang saya jelaskan dibawah ini sesuai penyebab yang telah anda temukan pada printer yang tidak bisa menarik kertas agar masalah bisa teratasi dan printer bisa diajak bekerja kembali.

  • Bersihkan bagian dalam printer

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, bahwasanya penyebab yang sering membuat printer macet dan tidak bisa menarik kertas adalah karena adanya benda asing atau kotoran pada bagian salam mesin printer.

Cara melakukannya adalah dengan membuka kap penutup printer dan bersihkan atau buang benda asing di dalam mesin jika anda menemukannya, bersihkan juga debu dan kotoran lainnya dengan lap agar tidak menggangu kinerja printer anda.

Bersihkan printer

Setelah selesai tutup kembali kap penutup dan coba kembali printernya apakah sudah berfungsi normal kembali.

Jika masalahnya adalah karena adanya kotoran atau benda asing di dalam perangkat, setelah dibersihkan harusnya printer anda sudah bisa digunakan untuk mencetak dokumen tanpa kendala.

Untuk menghindari agar benda asing tak mudah masuk, sebaiknya tutup lubang di area paper seed jika sedang tidak digunakan, karena bisa jadi benda asing tersebut masuk kedalam printer tanpa kita sadari.

Lakukan juga pembersihan bagian dalam printer secara berkala, misalnya setiap 3 atau 4 bulan sekali tergantung kondisi dan pemakaian, hal itu untuk menjaga agar printer tetap pada performa terbaiknya dan selalu siap ketika dibutuhkan.

  • Lakukan perbaikan pada roller

Apabila cara pertama sudah dilakukan dan ternyata belum berhasil, kemungkinan besar lainnya adalah adanya kerusakan atau roller printer yang telah aus karena usia dan intensitas pemakaian.

Roller pada printer berfungsi untuk menarik kertas dari paper seed menuju printing area, jika mengalami aus bisa jadi roller sudah tidak bisa menjangkau kertas sehingga kertas tak bisa ditarik ke printing area.

memperbaiki roller

Untuk melakukannya silahkan buka kap printer anda dan lepaskan bagian roller dari mesin printer.

Selanjutnya lepaskan karet rollernya dan lilitkan solatip secukupnya kemudian pasang kembali karet seperti semula.

Lanjutkan dengan memasang roller yang sudah anda perbaiki ke mesin printer dan tutup kembali kap atau casing printer.

Coba untuk melakukan test print apakan perangkat sudah bisa menarik kertas dan mencetak dokumen dengan sempurna setelah roller diperbaiki.

  • Periksa komponen yang rusak

Komponen-komponen kecil yang menunjang kinerja printer seringkali mengalami kerusakan seperti patah dan aus yang disebabkan oleh usia dan pemakaian.

Periksa sedetail mungkin apakah ada komponen kecil yang patah, per atau pegas yang kendor dan roda gigi yang aus.

Jika ditemukan segera ganti komponen yang rusak dengan yang baru agar masalah bisa cepat teratasi.

  • Lakukan reset pada printer

Jika printer tidak bisa menarik kertas atau bahkan tak bisa merespon perintah sama sekali, bisa jadi hal itu disebabkan oleh kesalahan system atau program pada printer yang ditandai dengan munculnya lampu indikator yang berkedip bergantian.

Agar masalah tersebut bisa teratasi, anda harus melakukan reset printer dengan menggunakan software resetter yang dibuat khusus untuk merek dan tipe printer yang anda miliki.

Cara melakukan reset printer berbeda-beda tergantung dengan merek dan tipe printernya, jadi diutuhkan pengetahuan tentang cara melakukannya agar tidak terjadi kesalahan karena jika salah dalam melakukan reset, hal itu berpotensi merusak printer tersebut.

Baca juga: Cara Reset Printer Epson L3110

Kesimpulan

Printer yang macet dan tidak mau menarik kertas sebenarnya bisa kita atasi sendiri karena biasanya disebabkan oleh hal sepele sepeerti yang telah saya jelaskan diatas.

Namun begitu ada kemungkinan lainnya meskipun itu kecil yang mengharuskan kita untuk melakukan perbaikan dengan melakukan penggantian komponen yang telah rusak.

Jadi jika printer anda mengalami masalah tidak mau menarik kertas, ada baiknya lakukan pengecekan dan proses perbaikan dengan beberapa tips tersebut jika anda memiliki kemampuan dan waktu senggang untuk melakukannya.

Namun jika anda takut melakukan pembongkaran mesin printer atau mungkin karena sibuk dengan pekerjaan, maka menyerahkan perbaikan pada ahlinya merupakan pilihan bijak daripada terjadi masalah lain yang tidak kita inginkan.

Gambar Gravatar
Founder Arzeka.com Memiliki Hobi Menulis di Blog, Menyukai Semua Tentang Teknologi Informasi dan Dunia Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *