7 Penyebab WhatsApp Diblokir Sementara, Pengguna Wajib Tahu

Diposting pada

Mengapa Wa diblokir

WhatsApp dewasa ini makin tak terpisahkan dalam keseharian kita. Aplikasi komunikasi berbasis internet ini memang memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk berkomunikasi baik melalui teks, panggilan suara dan video.

Saat ini hampir bisa dipastikan pengguna smartphone memiliki WhatsApp seolah ini merupakan aplikasi wajib yang harus di instal diponsel mereka, tak heran saat ini WhatsApp adalah jawaranya aplikasi berbagi pesan dengan lebih dari satu miliar pengguna diseluruh dunia.

Meskipun WhatsApp merupakan aplikasi gratis yang bisa kita download di play store, namun bukan berarti kita bisa menggunakan aplikasi ini seenaknya. Ada batasan atau aturan yang harus ditaati oleh setiap orang yang menggunakannya.

Bagi pelanggar aturan yang sudah ditetapkan, maka konsekwensinya adalah WhatsApp anda akan diblokir sementara atau jika melakukan pelanggaran berat bisa saja akun anda akan diblokir selamanya atau banned permanen.

Penyebab WA Diblokir sementara

Setiap pengguna aplikasi apa saja pastinya memiliki aturan main yang wajib dipatuhi oleh penggunanya. Termasuk aplikasi WhatsApp yang memberlakukan pemblokiran sementara bagi pelanggar aturan.

Sangsi ini diberlakukan untuk memberikan efek jera kepada pengguna yang nakal dan tidak taat pada aturan yang berlaku. Jadi silahkan baca dulu cara menggunakan WhatsApp dan ikuti aturan mainnya agar terbebas dari pemblokiran.

Penyebab WhatsApp diblokir sementara

Karena pastinya pihak WhatsApp hanya akan melakukan pemblokiran pada akun yang diyakini melakukan aktifitas yang melanggar pedoman layanan yang telah mereka tetapkan.

Menurut beberapa data yang saya peroleh, ada beberapa penyebab WhatsApp diblokir sementara. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengirim pesan secara masif ke banyak akun

WhatsApp memungkinkan kita untuk mengirim pesan baik teks, foto, video dan file kepada pengguna lainnya dengan mudah dan cepat.

Namun bukan berarti kita boleh mengirim pesan secara masif tanpa kontrol sehingga bisa di deteksi sebagai aktifitas spam.

Jika demikian maka otomatis akun anda akan diblokir oleh WhatsApp dalam kurun waktu tertentu.

Menggunakan aplikasi WhatsApp dari pihak ke tiga

WhatsApp hanya mengizinkan pengguna untuk login pada aplikasi official atau resmi. Artinya anda tidak di izinkan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk login pada akun WA yang anda miliki.

Aplikasi pihak ketiga yang dimaksud adalah jenis aplikasi WhatsApp yang sudah diubah oleh pihak lain seperti GB WhatsApp dan WhatsApp Plus  yang tidak bisa diverifikasi keamanannya.

Jadi jangan sekali-kali menggunakan aplikasi unofficial atau tidak resmi jika tak ingin kena sangsi berupa pemblokiran.

Sering login pada device yang berbeda

Sering melakukan login pada device yang berbeda juga bisa menjadi penyebab terblokirnya akun WhatsApp yang anda gunakan.

Hal itu merupakan tindakan yang dilakukan aplikasi secara otomatis apabila ditemukan login yang dicurigai dari device yang tak biasanya.

Pemblokiran juga berfungsi untuk mengamankan akun anda dari kemungkinan penyalah gunaan atau digunakan oleh orang lain.

Sering di laporkan dan di blokir orang lain

Penyebab di blokirnya akun WhatsApp yang lain adalah banyak orang yang telah melaporkan akun anda karena aktivitas yang telah anda lakukan.

Misalnya sering mengirim pesan yang tak seharusnya seperti berita hoax, gambar tak senonoh, berita menyesatkan dan lainnya.

Menggunakan WA untuk aktifitas ilegal

Jika akun WA anda tak ingin kena blokir, pastikan anda menggunakan WhatsApp secara bertanggung jawab serta tak melakukan aktivitas ilegal yang melanggar hukum yang berlaku.

Misalnya menggunakan WA untuk melakukan penipuan dan tindakan ilegal lainnya.

Memasukkan kontak tak dikenal secara masif di grup

WhatsApp memungkinkan kita untuk membuat grup secara gratis dan menambahkan orang lain ke dalam grup tersebut.

Namun jika menambahkan orang lain yang tak ada di kontak anda secara masal dan masif ke dalam grup, bisa menyebabkan akun anda di blokir sementara.

Mengirim pesan spam

Mengirim pesan yang sama secara berulang kepada banyak pengguna yang biasa disebut pesan broadcast juga merupakan aktivitas yang bisa menyebabkan akun WA diblokir.

Tindakan tersebut bisa dikategorikan spam oleh aplikasi sehingga sistem secara otomatis akan memblokir akun anda.

Baca juga: Cara Mengetahui WA diblokir teman

Pemblokiran yang dilakukan oleh WhatsApp pada setiap akun yang melanggar bisa berbeda-beda tergantung jenis pelanggaran yang dilakukan.

Jika ternyata akun anda telah diblokir sementara, maka hal yang bisa anda lakukan hanyalah menunggu sampai waktu blokiran yang berlaku telah selesai.

Tak ada cara yang mungkin bisa anda lakukan untuk membuka pemblokiran sementara yang telah berlaku selain menerima dan menunggu sampai waktunya berakhir.

Jadi jika akun WhatsApp anda tak ingin kena blokir, pastikan anda mematuhi pedoman dan peraturan yang telah ditetapkan serta gunakan aplikasi WA secara benar dan bertanggung jawab.

Gambar Gravatar
Founder Arzeka.com Memiliki Hobi Menulis di Blog, Menyukai Semua Tentang Teknologi Informasi dan Dunia Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *