Trik Menjadikan Ponsel Sebagai Webcam di Windows dan macOS

Diposting pada

Didalam artikel ini anda akan menemukan tutorial mudah untuk mengubah ponsel atau smartphone android menjadi webcam di komputer atau laptop Windows sehingga bisa dimanfaatkan untuk video chat dan video conference dengan kualitas gambar yang lebih baik.

Tak ada yang menyangka bahwasanya dimasa sekarang ini webcam sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tak terpisahkan. Apalagi dimasa pandemi saat ini yang mengharuskan setiap orang untuk menjaga jarak aman sehingga banyak pertemuan yang terpaksa dilakukan melalui online.

Maka dari itu webcam sangat diperlukan untuk bisa menjalin komunikasi online melalui aplikasi video chatting populer seperti zoom, skype, google hangout dan banyak lagi software video conference yang bisa anda dapatkan secara gratis.

Meskipun laptop kelas menengah saat ini sudah tersedia kamera khusus yang bisa anda manfaatkan untuk kebutuhan video chatting, namun biasanya kualitas video yang dihasilkan masih jauh dari kata memuaskan apalagi jika pencahayaan minim pastinya gambar yang dihasilkan akan lebih suram.

Ponsel sebagai webcam

Ponsel android sebagai webcam

Jika ingin mendapatkan kualitas video yang bagus ketika melakukan video conference, anda bisa membeli webcam eksternal yang banyak dijual di toko komputer. Namun tentunya anda harus membayarnya dengan harga yang cukup mahal untuk bisa memilikinya.

Perlu anda ketahui, kamera webcam dengan kualitas medium saat ini harganya diatas lima ratus ribu rupiah, dan untuk yang kualitas bagus harganya bisa jutaan.

Solusi terbaik dan mudah dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah memanfaatkan kamera ponsel yang anda miliki untuk digunakan sebagai kamera webcam sehingga video yang dihasilkan akan lebih baik dibandingkan kamera bawaan laptop anda.

Seperti yang kita ketahui, perkembangan kamera ponsel Android saat ini bisa dibilang cukup pesat sehingga mampu menghasilkan gambar dan video dengan kualitas yang lebih baik.

Kamera utama ponsel, cocok digunakan sebagai pengganti kamera webcam pada laptop atau komputer anda karena pastinya kualitas video yang dihasilkan akan lebih jernih dan lebih terang dengan teknologi kamera yang dimilikinya.

Menggunakan ponsel sebagai webcam di Windows

Untuk bisa menjadikan ponsel sebagai webcam untuk video conference, anda harus menghubungkan antara ponsel dengan komputer dengan media wifi atau bisa juga menggunakan kabel data USB.

Meskipun cara menggunakan ponsel sebagai webcam di komputer sebenarnya cukup mudah, namun kebanyakan orang belum tahu cara melakukannya.

Oleb sebab itu dikesempatan yang baik ini admin akan share langkah mudah menjadikan ponsel sebagai webcam yang bisa anda ikuti step by step.

Berikut ini cara melakukannya:

  • Pastikan ponsel dan laptop anda terhubung dengan wifi yang sama atau terhubung menggunakan kabel data
  • Instal aplikasi Droidcam di ponsel anda, aplikasi ini membutuhkan minimal android versi 5.0 atau versi yang lebih tinggi
  • Kemudian download Client Droidcam dan instal di laptop anda, tersedia untuk OS Windows dan Linux
  • Setelah itu jalankan client droidcam di laptop dan anda akan melihat aplikasi akan meminta IP perangkat

droidcam client add ip

  • Secara default koneksi yang digunakan adalah wifi, namun anda bisa memilih opsi koneksi USB jika anda menggunakannya
  • Selanjutnya jalankan aplikasi droidcam di ponsel anda
  • Temukan IP perangkat pada aplikasi seperti gambar dibawah ini

ubah ponsel menjadi webcam

  • Setelah ketemu, masukkan IP yang anda temukan di aplikasi ke client droidcam di laptop anda
  • Di client desktop pastikan anda mencentang opsi video dan audio

Droidcam client opsi audio video

  • Selanjutnya klik start untuk memulai
  • Anda berhasil menghubungkan kamera ponsel ke komputer anda dengan bantuan droidcam

Selanjutnya jika semuanya sudah berjalan dengan baik, jalankan program video conference yang anda miliki dan pilih Droidcam sebagai kamera utama dan anda telah berhasil menjadikan kamera ponsel sebagai webcam untuk vedeo conference.

Didalam aplikasi Droidcam di ponsel, anda bisa memilih kamera mana yang akan digunakan dengan ketuk tanda titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih setting => camera dan pilih kamera depan atau belakang.

Droidcam pilih kamera

Saran kami pilih kamera belakang untuk digunakan sebagai webcam karena kamera tersebut memiliki kualitas video yang lebih baik dibandingkan dengan kamera depan.

Mengubah ponsel menjadi webcam di macOS

Selain bisa digunakan sebagai webcam di Windows dan Linux, ponsel anda juga bisa diubah menjadi webcam di komputer atau laptop dengan sistem operasi macOS.

Untuk bisa menjadikan kamera ponsel anda sebagai webcam di macOS, anda harus melewati beberapa tahapan yang sama seperti pada perangkat Windows yang sudah saya jelaskan diatas.

Namun yang membedakannya adalah anda tak bisa menggunakan client droidcam karena hanya support untuk sistem operasi Windows dan Linux saja.

Untuk macOS anda bisa menggunakan software EpocCam yang menyediakan client desktop untuk macOS dengan fungsi yang mirip dengan client droidcam pada Windows.

Kelebihan dari client EpocCam di macOS adalah mampu mendeteksi perangkat kamera yang terhubung dengan wifi yang sama sehingga tidak perlu melakukan beberapa settingan tambahan seperti memasukkan IP pada client desktop.

Jika kamera ponsel sudah terhubung dengan baik, selanjutnya jalankan aplikasi video chatting di komputer anda dan pilih EpocCam sebagai kamera utama untuk menggunakannya.

Versi gratis dari EpocCam hanya bisa menampilkan video dengan resolusi 640 x 480 dan payahnya lagi anda tak bisa menggunakan microphone ponsel anda, jadi jika anda menggunakan yang versi gratis, pastikan anda memiliki microphone tambahan agar suara bisa didengar oleh lawan bicara.

Untuk bisa menggunakan EpocCam secara maksimal dan full fitur, anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk upgrade ke EpocCam pro.

Demikianlah sahabat sekalian cara mudah untuk menjadikan ponsel sebagai webcam sehingga bisa anda manfaatkan untuk video conference dengan kualitas video yang lebih baik dibandingkan kamera webcam kelas menengah kebawah.

Gambar Gravatar
Founder Arzeka.com Memiliki Hobi Menulis di Blog, Menyukai Semua Tentang Teknologi Informasi dan Dunia Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *