Printer Canon IP2770 Error Lampu Berkedip Begini Cara Mengatasinya

Diposting pada

Panduan kali ini akan memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi pada perangkat Printer Canon IP2770 yang mengalami error dengan lampu indikator orange berkedip. Pastikan anda membaca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan jalan keluar terbaik atas masalah yang anda hadapi.

Printer Canon merupakan salah satu merek printer yang banyak diminati dan menjadi salah satu printer favorit di Indonesia. Hal itu tak lepas dari kualitas cetak dan perawatan yang mudah dilakukan serta harganya cukup murah dikelasnya.

Meskipun printer Canon mudah digunakan dengan fitur yang cukup lengkap, namun bukan berarti printer ini tak memiliki kelemahan dan masalah ketika sudah lama digunakan.

Bagi pengguna printer Canon yang sudah lama pastinya sudah faham dengan berbagai error yang sering terjadi dan cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Namun untuk pengguna baru, pastinya akan kesulitan untuk mengatasi kesalahan yang timbul dan menyebabkan printer tidak bisa mencetak dokumen sesuai perintah yang di kirim dari komputer.

Canon IP2770 error blinking

Oleh sebab itu, disini admin akan share cara memperbaiki printer Canon IP2770 yang error dengan lampu indikator kedap kedip. Jika anda mengalami masalah tersebut maka tutorial ini akan sangat membantu anda untuk mengatasinya.

Penyebab Printer Canon IP2770 Lampu Berkedip

Lampu indikator pada printer IP2770 yang berkedip biasanya memberikan indikasi adanya masalah pada printer tersebut baik masalah yang ringan hingga sebagai tanda adanya masalah yang serius.

Tanda kedap kedip pada lampu indikator juga akan memudahkan kita untuk mengetahui masalah yang terjadi pada printer tersebut sehingga bisa dilakukan perbaikan berdasarkan tanda atau signal yang diberikan.

Ada banyak hal yang menyebabkan printer Canon IP2770 mengalami error dengan lampu berkedip, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Ada masalah pada catridge yang tak terdeteksi
  • Kerusakan pada catridge
  • Karena printer yang mati mendadak
  • Tinta printer yang telah habis
  • Ink pad telah penuh / full
  • Waste ink full
  • Ink tank sudah penuh
  • Adanya kerusakan pada hardware

Penyebab masalah tersebut diatas biasanya ditandai dengan jumlah kedipan lampu indikator yang detailnya akan kami jelaskan secara rinci di bawah ini beserta cara yang tepat untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Printer Canon IP2770 Error

Printer Canon IP2770 dengan lampu berkedip pastinya tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen dan melakukan perintah lainnya sampai masalah yang ada berhasil diperbaiki.

Kode error pada printer Canon IP2770 ditandai dengan berkedipnya lampu indikator. Jumlah kedipan pada perangkat printer memberikan tanda adanya masalah yang harus diperbaiki agar printer bisa berfungsi normal kembali.

Dibawah ini admin telah rangkum beberapa kode error pada printer Canon berdasarkan jumlah kedipan lampu indikator dan solusi mengatasinya.

Lampu indikator berkedip 4 kali

Apabila printer Canon IP2770 lampu indikator berkedip 3 kali warna orange dan 1 kali hijau maka kemunginan ada masalah pada hardware printer tersebut.

Untuk mengatasinya coba tekan tombol resume sekitar 1 menit sampai lampu berhenti berkedip, anda juga bisa memilih opsi reset printer untuk mengatasinya.

Jika kedua cara tersebut ternyata tidak membuahkan hasil, silahkan bawa printer anda ke service center atau teknisi ahli untuk pemeriksaan dan perbaikan harware yang mengalami kerusakan.

 Indikator berkedip 5 kali

Lampu indikator yang berkedip sebanyak 4 kali warna orange dan 1 kali warna hijau, biasanya menandakan bagian pad tinta penuh atau waste ink pad full.

Untuk mengatasinya silahkan reset printer canon anda dengan software resetter khusus. Untuk cara reset Canon IP2770 yang benar telah saya share pada postingan terdahulu, silahkan cek dengan klik pada link tersebut link ini.

Lampu indikator berkedip 6 kali

Jika lampu indikator pada printer anda berkedip 6 kali yakni 5 kali warna orange dan 1 kali berwarna hijau, hal itu menandakan perangkat tidak bisa mendeteksi adanya catrigde atau adanya kerusakan pada catridge tinta hitam maupun catridge berwarna.

Ganti catridge

Cara memperbaikinya adalah dengan memeriksa catridge pada printer dan membersihkan konektor agar bisa terdeteksi lagi oleh perangkat.

Jika ternyata sudah dibersihkan dan tetap tak bisa terdeteksi, langkah terakhir adalah dengan mengganti catridge rusak dengan yang baru.

Lampu indikator berkedip 8 kali

Lampu indikator yang berkedip atau blinking sebanyak 8 kali yakni 7 kali warna orange dan 1 kali hijau, hal itu mengisyaratkan tanki limbah tinta telah penuh atau waste ink tank full atau ink Absorber Full yang dideteksi oleh sistem.

Atasi error waste ink tank full dengan reset printer canon dengan software resetter agar error bisa diperbaiki.

Waste ink full lampu berkedip

Indikator lampu berkedip 9 kali

Jika printer Canon IP2770 lampu indikatornya berkediap 8 kali orange dan 1 kali berwarna hijau berarti menandakan tanki tinta printer anda telah penuh atau ink tank full.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah reset printer dengan software resetter

Lampu indikator berkedip 14 kali

Lampu indikator yang berkedip 13 kali orange dan 1 kali warna hijau biasanya menandakan pemasangan catridge yang tidak benar, hal itu diperkuat dengan adanya tanda catridge terlepas pada layar monitor PC atau laptop anda.

Cara memperbaikinya cukup tekan tombol Resume beberapa saat sampai lampu blinking berhenti.

Catridge run out

Lampu indikator berkedip 15 kali

Lampu indikator yang banyak berkedip sekitar 14 atau 15 kali warna orange dan 1 kali hijau memiliki arti adanya masalah pada catridge di printer anda.

Coba bersihkan konektor pada catridge yang terhubung dengan printer untuk mengatasi masalah tersebut. Jika tidak membuahkan hasil silahkan ganti catridge dengan yang baru.

Lampu indikator berkedip terus

Jika lampu indikator berkedip terus-menerus ketika printer baru dihidupkan, ada kemungkinan printer mengalami masalah karena mati mendadak atau karena pasokan listrik terputus tiba-tiba ketika digunakan untuk bekerja.

Untuk mengatasinya silahkan ikuti panduan berikut:

  • Matikan printer kemudian cabut kabel powernya
  • Tekan dan tahan tombol power dilanjutkan dengan memasang kabel power
  • Setelah kabel power terpasang lepaskan tombol power yang ditekan
  • Anda akan mendapati lampu indikator power akan berwarna kuning
  • Untuk menghidupkan printer anda silahkan tekan lagi tombol power
  • Harusnya masalah terselesaikan

Apabila lampu indikator yang berkedip terus menerus disebabkan oleh pasokan arus listrik yang tiba-tiba terputus, harusnya dengan melakukan tips diatas akan mengatasi dan memperbaiki masalah yang timbul.

Kesimpulan

Lampu indikator yang mengalami blinking atau berkedip pada printer Canon IP2770 memberikan isyarat atau code error dan tanda tertentu untuk memudahkan kita mengetahui apa sebenarnya yang terjadi pada printer tersebut.

Setelah mengetahui masalah yang terjadi tentunya akan memudahkan kita mengambil tindakan perbaikan yang tepat terhadap masalah tersebut agar printer bisa berfungsi normal kembali.

Jadi jika mengalami lampu indikator berkedip warna orange pada printer Canon Ip2770, pastinya anda sudah faham apa yang harus anda lakukan berdasarkan jumlah kedipan yang bisa memberikan indikasi masalah yang terjadi.

Akhir kata semoga artikel ini bisa membantu anda yang sedang mencari solusi mudah dan cepat pada printer Canon IP2770 yang error dengan lampu indikator kedap kedip tanpa harus membawnya ke teknisi perbaikan printer.

Gambar Gravatar
Founder Arzeka.com Memiliki Hobi Menulis di Blog, Menyukai Semua Tentang Teknologi Informasi dan Dunia Digital.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *