Panduan Lengkap Reset Printer Canon MP287 Termudah

Diposting pada

Artikel kali ini akan memandu anda untuk bisa melakukan reset printer Canon MP287 dengan cara yang sangat mudah dan bisa anda ikuti langkah-langkahnya yang akan kami uraikan pada kesempatan hari ini.

Printer adalah perangkat penunjang komputer yang memiliki fungsi sangat penting yakni untuk mencetak dokumen dan keperluan lainnya seperti untuk copy dan scan dokumen yang bisa dilakukan oleh printer three in one seperti Canon MP287.

Canon MP287 merupakan printer yang banyak di pilih oleh masyarakat Indonesia karena memiliki kualitas cetak yang bagus, mudah dalam pengoperasian dan tentunya harganya yang cukup murah dan terjangkau.

Seiring waktu dan intensitas pemakaian, ada kalanya printer akan mengalami error atau masalah yang tak terduga dan menyebabkan  printer tak bisa mencetak dokumen atau tidak berfungsi sebagaimana mustinya.

Jika anda mengalami masalah tersebut pada printer Canon MP287, maka untuk meperbaikinya dengan cara mereset printer yang tutorial lengkapnya bisa anda ikuti dan lakukan sendiri dirumah.

Cara Reset Canon MP287

Cara Reset Printer Canon MP287

Printer yang mengalami error biasanya bisa kita ketahui dengan munculnya pesan yang ditampilkan pada layar monitor anda selain itu indikasi error juga dapat kita temukan pada printer dengan lampu berkedip dan tidak bisa mencetak dokumen apapun.

Kebanyakan pesan error dan masalah printer tidak bisa mencetak dokumen bisa diatasi dengan cara yang sangat mudah dan murah, yakni dengan melakukan reset printer menggunakan bantuan software sederhana.

Jadi sebelum membawa printer anda ke tempat service, ada baiknya untuk mencoba melakukan reset printer anda terlebih dahulu, karena kebanyakan masalah yang timbul bisa teratasi hanya dengan melakukan reset.

Untuk melakukannya silahkan simak baik-baik langkah demi langkah cara reset printer Canon MP287 berikut ini.

Masuk Service Mode Printer Canon MP287

Sebelum melakukan proses reset menggunakan software, pertama kali kita harus mengkondisikan printer siap untuk di reset yakni dengan masuk service mode secara manual dengan menekan tombol tertentu yang ada pada printer.

  • Pastikan printer dalam keadaan mati dan kabel power tidak terlepas serta masih terhubung dengan PC
  • Tekan dan tahan tombol Stop/Reset kemudian tekan dan tahan tombol power
  • Dalam keadaan tombol power masih ditekan, lepaskan tombol Stop/Reset kemudian tekan lagi sebanyak 6 kali

Masuk Service mode MP287

  • Selanjutnya silahkan lepaskan kedua tombol tersebut
  • Komputer akan otomatis mendeteksi perangkat baru

Jika komputer anda yang masih terhubung dengan printer telah mendeteksi perangkat atau device baru, maka anda telah berhasil membuat printer masuk service mode dan selanjutnya tinggal melakukan reset menggunakan software.

Reset Printer dengan software resetter

Setelah berhasil masuk service mode, saatnya melakukan reset printer menggunakan software resetter sebagai berikut.

  • Pasang 2 kertas pada printer untuk test mencetak nantinya
  • Silahkan download software resetter pada LINK INI
  • Selesai didownload silahkan ekstrak
  • Jalankan Service Tool v3400 di PC anda dengan cara klik 2 kali
  • Lakukan setting seperti pada gambar dibawah ini
    Reset printer Canon MP2871. Pada Clear Ink Counter menu absorber pilih “MAIN” kemudian klik tombol Set di sebelah kanan
    2. Pada Ink absorber counter juga pilih “MAIN” dan klik Set
    3. Selanjutnya klik EEPROM dibagian atas menu
  • Biasanya printer akan mencetak test print
  • Selesai

Jika anda telah melakukan sesuai langkah-langkah yang telah kami jelaskan diatas dengan benar, biasanya error atau masalah yang timbul akan hilang dan printer bisa berfungsi normal untuk mencetak, scan dan copy dokumen.

Jika mengalami kegagalan dalan proses reset, coba ulangi dengan cara masuk service mode lagi kemudian lanjutkan dengan reset menggunakan service tool v3400, mudah-mudahan kali ini bisa berhasil.

Akan tetapi jika sudah melakukan reset dengan benar dan ternyata masalah belum teratasi, kemungkinan kerusakan printer anda terjadi karena ada masalah pada hardware sehingga harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh ahlinya.

Saran saya silahkan bawa printer anda ke service center untuk penanganan lebih lanjut jika ternyata error masih muncul setelah printer selesai direset dengan benar.

Demikian panduan lengkap cara reset printer canon MP287 yang bisa kami share pada kesempatan hari ini, semoga tulisan ini bisa membantu mengatasi masalah printer Canon yang mengalami error dan tidak bisa mencetak.

Gambar Gravatar
Founder Arzeka.com Memiliki Hobi Menulis di Blog, Menyukai Semua Tentang Teknologi Informasi dan Dunia Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *