Cara Memperbaiki Printer Tidak Bisa Ngeprint Panduan Lengkap

Diposting pada

Artikel ini akan memberikan anda panduan lengkap untuk mengatasi masalah printer tidak bisa ngeprint atau tak merespon perintah mencetak dokumen padahal dalam keadaan ready dan siap digunakan untuk bekerja.

Memiliki printer untuk menunjang pekerjaan adalah sebuah kebutuhan pada saat ini. Dengan memiliki printer sendiri akan memudahkan kita untuk menangani dokumen apalagi jika printernya sudah all in one yang bisa print scan dan copy.

Ketika hendak mencetak dokumen yang ada di komputer, biasanya kita tinggal hidupkan printer dan ketika sudah ready tinggal klik print untuk mencetak dokumen yang kita inginkan dan printer siap menjalankan perintah tanpa masalah.

Namun ada kalanya printer mengalami masalah yang tak biasa dimana perangkat sudah ready tapi tidak mau ngeprint dokumen dan tidak bisa merespon perintah apapun yang dikirim oleh PC atau laptop yang terhubung.

Hal itu tentunya akan membuat pekerjaan anda terganggu apalagi jika sudah dikejar deadline untuk cepat menyelesaikan dokumen dan harus segera di cetak. Masalah tersebut bisa timbul kapan saja dan tak terduga.

Memperbaiki printer tidak bisa ngeprint dokumen

 

Nah…, bagi anda yang mengalami masalah tersebut jangan panik dulu karena disini admin akan share beberapa langkah mudah untuk mengatasi printer yang tidak merespon perintah cetak padahal dalam kondisi ready.

Penyebab Printer Tidak Merespon Perintah Print

Ada beberapa hal yang patut kita curigai dan menjadi penyebab printer not responding terhadap perintah print yang sudah kita kirimkan melalui laptop, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Kabel data USB yang tidak terpasang dengan benar
  • Driver printer yang bermasalah
  • Masalah pada sistem Print Spooler
  • Proses reset printer yang tidak benar
  • Kerusakan pada mesin printer

Masalah printer yang tidak merespon perintah print tersebut bisa terjadi pada merek printer apa saja yang sedang anda gunakan seperti printer Epson L120 , L210 dan printer Canon IP2770 dan IP2270 yang banyak digunakan di Indonesia.

Cara Memperbaiki Printer Tidak Bisa Ngeprint

Setidaknya ada 5 cara yang bisa anda tempuh untuk mengatasi masalah printer yang tidak responsif terhadap perintah print. Kelima cara tersebut bisa anda ikuti dimulai dari cara pertama yang dilanjutkan dengan cara kedua dan seterusnya jika masalah belum teratasi.

Namun jika sampai cara ke dua anda sudah berhasil memperbaiki masalah, maka anda tidak sudah tidak perlu lagi untuk melakukan cara lainnya.

Jadi bagi anda yang kebetulan sedang mengalami masalah printer ready tapi tidak bisa ngeprint, silahkan ikuti cara-cara berikut ini yang sudah terbukti bermasil mengatasi masalah tersebut.

Pasang ulang kabel USB Printer

Atasi printer error dengan cabut USB

Cara pertama ini kedengarannya sangat sederhana yakni dengan mencabut kabel USB printer kemudian memasangnya lagi pada port USB lainnya yang masih berfungsi dengan baik.

Dengan melakukan pemasangan ulang kabel USB pada perangkat komputer akan membuat Windows melakukan deteksi dan pengenalan ulang terhadap perangkat printer yang terhubung.

Cara ini juga memungkinkan printer untuk merespon ulang perintah cetak yang sudah dikirim sebelumnya.

Tips simpel ini kami rekomendasikan karena paling mudah dilakukan dan seringnya berhasil dengan percobaan beberapa kali.

Instal ulang driver Printer

masalah printer yang tidak responsif terhadap perintah print bisa juga disebabkan oleh adanya masalah pada driver yang telah di instal.

Peran driver sangat penting untuk sinkronisasi perangkat PC dan printer yang terhubung agar dapat berkomunikasi dengan baik, driver yang mengalami error akan berakibat komunikasi antar perangkat menjadi terganggu.

Hal itu berakibat pada perintah yang dikirim dari komputer tidak sampai ke perangkat printer sehingga printer tidak merespon perintah untuk mecetak dokumen.

Untuk memperbaikinya anda bisa melakukan instal ulang driver printer pada komputer anda. File driver bisa anda download dari situs resmi printer atau dengan menggunakan CD bawaan yang anda dapat dalam paket pembelian.

Baca: Cara Instal Printer L120 + Driver

Melakukan restart print spooler

Print spooler merupakan sebuah menu service yang berjalan pada sistem operasi Windows dan berfungsi mengatur dan menjalankan fungsi respon printer yang dilakukan oleh sistem.

Adanya masalah pada print spooler akan menyebabkan printer tidak merespon perintah mencetak file yang dikirim oleh sistem.

Untuk mengatasinya anda harus mengatur ulang print spooler agar error yang terjadi bisa diperbaiki dan printer bisa responsif terhadap perintah yang di kirim.

Lakukan hal-hal berikut ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol dengan logo windows + R, Setelah muncul menu RUN silahkan ketik Services.msc dan tekan enter

masuk service msc

  • Pada jendela Service silahkan cari dan klik Prin Spooler, selanjutnya klik stop di panel sebelah kiri atau klik kanan dan pilih stop untuk menghentikan layanan tersebut

Stop print spooler service

  • Kemudian minimize dulu jendela Services untuk sementara
  • Silahkan buka Windows Explorer dan langsung menuju C:\Windows\System32\spool/PRINTERS

Haps file print spooler

  • Hapus semua file yang ada pada folder tersebut
  • Selanjutnya buka kembali jendela Services yang tadi di minimize
  • Jalankan kembali Print Spooler dengan klik kanan dan Restart

Restart print spooler service

  • Restart komputer anda

Jika masalahnya memang pada Print Spooler, dengan melakukan restart pada layanan tersebut harusnya printer sudah bisa merespon perintah dengan baik.

Lakukan reset printer dengan benar

Melakukan reset pada printer berarti anda akan mengatur ulang program dan berbagai pengaturan yang ada pada printer tersebut, hal itu akan merefres program dan menghilangkan berbagai error yang terjadi.

Pada sebagian printer, reset bisa dilakukan secara manual yakni dengan menekan beberapa tombol tertentu secara bersamaan dan printer akan otomatis melakukan reset sendiri. Silahkan cek buku panduan printer anda karena biasanya informasi tersebut tercatat disana.

Namun ada juga yang harus direset dengan menggunakan program resetter yang sudah dibuat khusus untuk melakukan reset pada printer tertentu.

Untuk melakukannya anda harus memiliki aplikasi resetter tersebut dan menjalankan di PC untuk mereset printer. Silahkan cari informasi tersebut di google berdasarkan merek dan tipe printer yang anda gunakan.

Baca: Cara Reset Printer Epson L3110 Lengkap

Perbaikan mesin printer

Jika anda sudah melakukan beberapa opsi diatas dan ternyata belum berhasil mengatasi masalah printer tidak bisa merespon perintah untuk mencetak, maka anda harus melakukan opsi terakhir yakni membawanya kepada ahlinya untuk diperiksa detail kerusakannya.

Karena bisa saja ada komponen penting pada printer yang mengalami kerusakan sehingga menyebabkan masalah pada printer karena mesin printer terdiri dari komponen yang kompleks yang harus di periksa lebih detail untuk menemukan akar masalah tersebut.

Jika printer anda masih dalam masa garansi, saran kami silahkan bawa ke service center terdekat di kota anda untuk mendapatkan perbaikan gratis.

Kesimpulan

Pada dasarnya printer merek dan tipe apapun seperti Epson, Canon, HP dan merek lainnya bisa mengalami masalah tidak bisa ngeprint padahal kelihatannya tidak ada masalah yang terjadi yang disebabkan oleh printer not responding.

Tutorial diatas juga bisa anda gunakan untuk memperbaiki masalah pada printer anda yang terhubung dengan perangkat komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 10, 8, 8.1 dan Windows 7 versi 32 bit dan 64 bit.

Akhirnya semoga dengan panduan ini bisa membantu anda untuk mengatasi sendiri masalah printer tidak merespon perintah print yang anda alami tanpa perlu membawanya ke tukang service dan printer bisa diajak bekerja kembali.

Gambar Gravatar
Founder Arzeka.com Memiliki Hobi Menulis di Blog, Menyukai Semua Tentang Teknologi Informasi dan Dunia Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *