TV Tidak Merespon Remot? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Sebagai pengguna TV kita wajib mengetahui apa saja yang menjadi penyebab TV tidak merespon remot sekaligus solusi terbaik untuk mengatasinya. Dapatkan penjelasan lengkap dan cara memperbaiki masalah tersebut dengan membaca artikel ini sampai akhir.

Setiap televisi saat ini pastinya sudah dilengkapi dengan remot yang berfungsi untuk mengontrol pesawat TV dari jarak jauh dengan mudah seperti mengganti chanel, menambah dan mengurangi volume suara dan pengaturan penting lainnya.

Bayangkan jika sebuah pesawat televisi tidak dilengkapi dengan remot kontrol. Pastinya akan sangat ribet ketika hendak mencari chanel TV yang diinginkan karena kita harus mendekat dan menekan tombol pada panel di TV untuk bisa melakukannya.

Jadi kita pasti sepakat bahwasanya keberadaan remot TV sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dari aktifitas ketika sedang menonton televisi. Namun apa jadinya jika remot  TV tidak berfungsi dengan baik sehingga TV tidak merespon perintah yang diberikan oleh remot.

Sebab TV tidak merespon remot

Pastinya kita akan sangat kesal karena remot tak bisa berfungsi seperti biasa, tak jarang untuk meluapkan kekesalan tersebut dengan memukul-mukul atau bahkan membantingnya ke lantai dengan harapan remot bisa berfungsi kembali.

Maka dari itu, disini admin akan coba menguraikan beberapa penyebab mengapa TV tidak merespon perintah dari remot sehingga kita bisa mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Penyebab TV tidak merespon remot

Dalam keadaan normal, harusnya TV akan merespon setiap perintah yang diberikan oleh remot melalui sensor sebagai media komunikasi yang ada pada kedua perangkat.

Nah…, bagi anda yang mengalami masalah TV yang tidak merespon perintah remot. Hal itu bisa disebabkan oleh kerusakan ada pada remot kontrol dan bisa juga masalah terjadi pada pesawat televisi anda.

Untuk memastikan apakah kerusakan ada pada remot atau pesawat TV,  kita harus memperhatikan dan melakukan beberapa percobaan sederhana untuk menemukan akar masalah. Jika sudah ketemu penyebabnya akan mudah bagi kita untuk melakukan perbaikan berdasarkan penyebab yang telah diketahui.

Masalah pada remot kontrol

Kebanyakan kasus masalah TV tidak dapat merespon perintah remot disebabkan karena memang remot kontrol yang mengalami kerusakan. Jadi mari kita perhatikan dengan teliti perangkat remot dan mencari kemungkinan yang menjadi penyebab masalah tersebut.

Menurut pengalaman, setidaknya ada 6 macam hal yang sering menyebabkan terganggunya fungsi remot sehingga tidak bisa digunakan seperti biasanya.

Unlock TV yang terkunci

Remot TV terkunci

Jika anda merasa remot anda tidak mengalami masalah dan dalam keadaan baik namun tidak bisa digunakan untuk berpindah chanel, menambah volume dan perintah lainnya.

Bisa jadi remot TV sedang terkunci yang membuat remot seperti tidak berfungsi sama sekali.

Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa mengikuti tutorial cara membuka TV yang terkunci untuk semua merek yang telah saya jelaskan pada artikel terdahulu.

Baterai remot sudah habis

Setiap remot TV pada umumnya menggunakan baterai AA sebagai sumber daya utama untuk bisa menjalankan fungsi remot. Jika baterai tersebut sudah habis, artinya remot telah kehilangan pasokan daya sehingga remot tidak dapat berfungsi.

Untuk cek apakan daya baterai sudah habis, anda bisa melakukan pengukuran dengan akurat menggunakan multitester. Namun jika tak memiliki multitester, anda bisa mencobanya dengan menukar pada perangkat lain yang menggunakan baterai yang sama seperti jam dinding dan lainnya.

Jika ternyata daya baterai masih ada, berarti masalah bukan pada baterainya sehingga anda tak perlu ganti baterai untuk mengatasi remot yang tidak berfungsi.

Besi penghantar baterai berkarat

Untuk menghantarkan arus ke perangkat remot, baterai biasanya diberi besi penghubung sehingga arus bisa masuk dengan lancar dan remot bisa berfungsi dengan baik.

Namun jika besi penghantar baterai sudah berkarat (ini sering terjadi) karena mungkin usia yang sudah uzur, biasanya sudah tidak bisa menghantarkan arus listrik dengan baik.

Solusi terbaik adalah dengan mengganti besi penghubung tersebut dengan yang baru. Jika masalahnya karena besi penghantar baterai tersebut, dengan diganti pastinya masalah sudah bisa teratasi.

Besi penghubung baterai remot

Ada penghalang pada sensor remot

Sensor remot tidak akan sampai ke pesawat TV jika ada penghalang pada sensor remot seperti kotoran, isolasi, bekas cat dan penghalang jenis lainnya.

Agar remot berfungsi sebagaimana mustinya, pastikan tidak ada penghalang anatara sensor pada remot ke TV sehingga perintah dari remot bisa diterima dengan baik oleh sensor pada TV.

Masalah pada sensor remot

Adanya kerusakan atau masalah pada sensor remot bisa menjadi penyebab TV tidak merespon remot. hal itu menjadikan remot seperti tidak berfungsi karena tak mampu mengirim sinyal ke pesawat TV disebabkan kerusakan pada sensor.

Untuk mengecek apakah sensor remot masih berfungsi atau tidak, anda bisa mengikuti langkah-langkah pengecekan dengan bantuan kamera ponsel kemudian tekan tombol apa saja pada remot dan arahkan ke kamera ponsel anda.

Jika sensor masih berfungsi dengan baik, harusnya akan kelihatan cahaya yang muncul pada layar ponsel anda dan jika sensor sudah rusak maka dilayar ponsel tidak akan muncuk cahaya dari sensor tersebut.

Salah memasukkan kode remot

Bagi anda yang menggunakan remot universal untuk menggantikan remot bawaan yang hilang atau rusak. Maka anda harus melakukan setting lebih dulu dengan memasukkan kode remot yang benar agar remot bisa berfungsi dengan baik.

Jika salah memasukkan kode remot yang dibutuhkan akan membuat remot tidak berfungsi sesuai harapan karena remot multi tidak berhasil mengidentifikasi jenis dan tipe TV yang anda gunakan.

Misalnya untuk kode remot TV Sharp, anda harus memasukkan kode yang khusus untuk merek TV tersebut dan tidak bisa menggunakan kode untuk TV lainnya.

Kerusakan pada pesawat TV

Jika anda sudah melakukan pemeriksaan pada remot ternyata tidak didapati kejanggalan atau indikasi kerusakan yang menyebabkan TV tidak merespon remot, maka kemungkinan besar masalah ada pada pesawat televisi anda.

Kerusakan pada TV

Biasanya ada beberapa hal yang menjadi pemicu masalah TV yang tidak bisa menerima dari perintah remot yang penyebabnya ada pada pesawat TV, siantaranya adalah sebagai berikut.

Adanya penghalang pada sensor TV

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa perintah dari remot akan diteruskan ke TV dengan bantuan sensor yang ada pada kedua perangkat.

Nah sinyal perintah dari remot akan diterima dengan baik jika kedua sensor saling berhadapan meskipun jaraknya agak jauh tanpa adanya penghalang. Jika ada benda yang menghalangi sensor penerima di TV, pastinya TV tak akan bisa merespon perintah dari remot karena pesan tidak sampai.

Jadi pastikan tidak ada benda yang menghalangi antara kedua sensor pada remot dan TV agar perintah bisa diterima dan dilaksanakan dengan baik tanpa masalah yang terjadi.

Rusak pada sensor di TV

Penyebab lainnya yang membuat TV tidak dapat merespon remot adalah adanya kerusakan pada sensor penerima yang ada pada pesawat televisi. Meskipun kemungkinan ini kecil, namun bisa saja terjadi pada TV anda.

Kerusakan pada komponen sensor bisa karena solderannya yang kendor atau lepas sehingga perlu dilakukan penyolderan ulang untuk memperkuat kaki-kaki komponen.

Namun jika memang komponen sudah benar-benar rusak, maka anda harus menggantinya dengan yang baru agar bisa berfungsi normal kembali.

Saran saya jika anda tidak terbiasa melakukan pengecekan dan penggantian komponen TV, sebaiknya bawa TV anda ke teknisi yang sudah berpengalaman untuk mengerjakannya.

Kerusakan pada IC tertentu

Kerusakan pada IC tertentu yang ada di TV juga bisa menyebabkan TV kehilangan respon untuk menerima perintah dari remot. Komponen tersebut biasanya berada tidak jauh dari sensor TV dan memiliki fungsi yang berkaitan.

Selain itu adanya kerusakan pada IC program juga bisa menjadi penyebab lemahnya respon TV sehingga perlu dilakukan penggantian pada IC tersebut.

Perlu anda ketahui artikel disini bersifat informasi, jadi anda boleh melakukan percobaan sesuai dengan yang telah kami terangkan, namun lakukan hal tersebut dengan resiko anda sendiri.

Karena untuk melakukan perbaikan dengan menganalisa dan mengganti IC harus dilakukan oleh seorang ahli dalam bidang tersebut. Jadi saran kami silahkan bawa kepada mereka yang ahli untuk mendapatkan perbaikan sesuai prosedur.

Demikian sahabat sekalian, sudah saya jelaskan dengan detail beberapa hal yang kemungkinan besar menjadi penyebab TV tidak bisa merespon perintah dari remot yang sudah saya tulis disini.

Setelah membaca artikel ini tentunya anda sudah mendapat gambaran tentang masalah yang terjadi pada remot anda dan langkah untuk memperbaikinya berdasarkan analisa yang sudah anda lakukan.

Gambar Gravatar
Founder Arzeka.com Memiliki Hobi Menulis di Blog, Menyukai Semua Tentang Teknologi Informasi dan Dunia Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *